Tips and Trick Agar CV Dilirik oleh Perusahaan

Membuat CV menarik merupakan langkah awal agar kamu dapat dipanggil interview oleh perusahaan yang kamu inginkan. Karena CV merupakan awal dimana pihak HRD perusahaan yang hendak kita lamar itu mempertimbangkan, apakah kita akan lolos tes administrasi atau tidak. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Simak beberapa tips and trick agar kamu dapat bekerja di perusahaan impian kamu.

1. Ketahui Perusahaan yang Hendak Dilamar
Dalam membuat CV (Curiculum Vitae), tentu sangat diperlukan penggalian terhadap suatu perusahaan yang hendak kita lamar. Cara yang paling utama tentu adalah dengan mencari tau apa-apa saja persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan. Untuk itu, sebaik mungkin perhatikan setiap hal kecil yang disyaratkan oleh perusahaan, seperti misalnya bagian-bagian yang berhubungan dengan posisi yang ditawarkan, yaitu keterampilan yang harus dimiliki pelamar, pengalaman kerja, dan juga usia pelamar.
Selain memperhatikan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan, perhatikan juga profil-profil yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya saja kita membaca visi, misi, etos kerja karyawan di perusahaan dan juga nilai-nilai yang senantiasa dijunjung tinggi oleh perusahaan yang dilamar tersebut. Dari informasi-informasi yang digali tersebut, kita tentu bisa memilah-milah bagian mana saja yang perlu untuk dicantumkan di dalam CV nantinya.

2. Resource CV yang baik dan benar.
Mencari contoh untuk membuat CV yang baik dan benar tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali akan melamar pekerjaan dan membutuhkan CV sebagai persyaratan. Karena dari beberapa contoh yang kita lihat, kita pun akan dapat menghasilkan CV yang baik dan menarik pihak HRD perusahaan.
Setelah mengetahui berbagai macam contoh CV yang sudah ada sebelumnya, maka tugas yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan menentukan desain semenarik mungkin. Untuk mengetahui desain-desain CV yang menarik, contohnya tentu sudah cukup banyak tersebar di internet. Fungsi dari desain CV yang menarik ini adalah untuk membuat perusahaan yang hendak dilamar terpikat dan merasa bahwa kalianlah orang yang tepat untuk mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya. Selain itu, perusahaan yang dilamar pun akan merasa bahwa kalian serius melamar pekerjaan ini.
Meskipun kalian bebas untuk menentukan desain CV yang menarik, namun bukan berarti itu bisa membuat kalian melupakan faedah-faedah CV yang sebenarnya. Buatlah CV yang menarik, tapi tetap benar sesuai fungsinya. Pastikan desain CV yang kalian pilih itu dapat membuat pembaca (pihak HRD perusahaan) dapat memahami dengan baik informasi-informasi yang kalian tulis di CV tersebut. Selain itu, pemilihan warna sebagai background dan juga pemberian batasan untuk setiap bagian CV juga dapat membantu pihak HRD perusahaan untuk memahami apa yang kalian informasikan.

3. Mulai Tulis CV
Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika menulis CV adalah sebagai berikut :
• Selalu cantumkan identitas diri

Untuk pembuatan CV, identitas diri tentu menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pemberian identitas diri dapat berguna untuk pihak perusahaan mengetahui profil dasar diri kalian dan juga dapat berguna untuk pihak perusahaan menghubungi kalian apabila ada informasi tambahan.
Identitas diri ini mencakup beberapa hal, yaitu adalah nama lengkap, alamat, nomer telepon,email, dan juga media sosial. Selain itu, untuk memberikan gambaran tentang diri kalian, jangan lupa sertakan foto terbaru kalian. Sekedar tips, untuk menunjang keberhasilan kalian dalam lolos tes administrasi, sertakanlah foto ketika kalian menggunakan pakaian formal dengan gaya yang tidak kaku.
• Cantumkan Jenjang Pendidikan yang jelas
Isi dari CV tentu aja berisi tentang jenjang pendidikan. Oleh karena itu, cantumkanlah jenjang pendidikan yang jelas untuk menghasilkan CV yang baik. Jenjang pendidikan itu haruslah ditulis sesuai dari yang terkecil hingga terbesar, seperti misal dari TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguran Tinggi. Namun, untuk sekarang itu kebanyakan perusahaan meminta kita untuk menyantumkan jenjang pendidikan terakhir saja. Jadi, perhatikan secara jelas apa syarat dari perusahaan yang dilamar ya.
• Cantumkan keterampilan dan pencapaian yang dimiliki
Mendeskripsikan keterampilan dan juga pencapaian yang telah dilakukan tentu akan membuat CV menjadi terlihat sangat menarik. Hal ini tentu bisa dibuat dengan beragam cara, seperti misalnya membuat dalam bentuk paragraf, bullets and numbering, ataupun dengan membuat suatu diagram yang dapat menjabarkan ketermpilan dan pencapaian kalian. Hal itu tentu pilihan, tapi yang jelas, jangan lupa untuk mencantumkan keterampilan dan juga pencapaian yang dimiliki untuk menghasilkan CV yang baik dan benar ya.
• Cantumkan Pengalaman Kerja dan Pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan.
Sama seperti keterampilan dan pencapaian kerja di atas, untuk penulisan pengalaman kerja dan juga pelatihan ini bisa dibuat sesuai dengan tiga kateori di atas (paragraf, bullets and numbering, atau diagram). Agar terlihat lebih profesional, cantumkan pengalaman kerja dan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kalian lamar, sehingga hal itu akan membuat pihak HRD perusahaan akan merasa bahwa kalianlah kandidat yang potensial untuk dipilih. Hal ini adalah adalah modal awal untuk kalian menunjukkan siapa diri kalian dan seberapa besar pengalaman yang sudah anda dapatkan sebelumnya.

• Baca dan Analisis CV yang telah dibuat
Ini merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum kalian benar-benar akan mengajukan CV untuk melamar pekerjaan. Biasanya, CV yang dibuat di awal itu belumlah sempurna. Oleh karena itu, membaca dan menganalisis CV yang telah dibuat tentu akan membuat kesempatan kalian untuk menghasilkan CV yang baik dan benar semakin tinggi.
Sumber : https://squline.com/en/cara-membuat-cv-yang-benar/

Ficky Alfina Marsuki