TIPS MENGELOLA KEUANGAN SAAT KRISIS EKONOMI

Berbicara tentang krisis ekonomi, tentu tidak lepas dari dampak yang terjadi. Dampak yang paling terasa adalah keadaan keuangan pribadi Anda. Untuk mengantisipasi hal tersebut serta bertahan dalam kondisi ekonomi yang buruk, selain perencanaan keuangan yang matang.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan Anda saat terjadi krisis ekonomi:

ü  Jangan Panik dalam Mengelola Keuangan

Panik hanya akan membuat Anda terburu-buru dalam mengambil keputusan dan justru merugikan keuangan anda. Agar tidak panik, bagaimana caranya?Anda harus sangat obyektif dalam memandang realitas.

ü   Lunasi Hutang, dan Pilih Tabungan Yang Tepat

Dalam kondisi ekonomi sulit, maka langkah yang terbaik adalah lunasi hutang Anda secepatnya, apalagi jika hutang dengan menggunakan kartu kredit. Anda harus paham bahwa dalam kondisi krisis, bunga hutang akan membunuh Anda perlahan. Mengapa demikian? Karena bunga hutang khususnya kartu kredit sangatlah besar yang bisa membuat orang yang berhutang akan menjadi budak orang yang menghutanginya.

ü  Tabung Dalam Banyak Bentuk Investasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan alokasi tabungan Anda ke sumber pendapatan yang terdiversifikasi dengan baik, atau dengan kata lain menabung uang Anda dalam banyak bentuk investasi. Karena idealnya Anda harus menggunakan prinsip investasi tidak  dalam satu keranjang instrumen investasi karena akan sangat berisiko, solusinya Anda bisa menggunakan entah itu unit link, deposito, saham, tanah, properti, atau mata uang asing. Jika Anda tidak pintar untuk melakukan diversifikasi dana Anda ke berbagai jenis instrumen investasi maka risiko yang terjadi pada investasi Anda akan full 100 % menimpa Anda tanpa ada back up dari investasi lainnya.

ü  Perbanyak Dana Cash dan Tabungan Likuid

Saat kondisi ekonomi memburuk banyak kesempatan yang bisa Anda peroleh jika Anda jeli. Perbanyak cash dan tabungan likuid Anda, karena ketika kondisi semakin memburuk Anda bisa membeli asset dengan harga sangat miring, orang yang butuh uang akan menjual asetnya dengan harga murah asal bisa segera dapat uang tunai. Kesempatan bagi Anda memiliki asset produktif dengan harga murah.

ü  Tiru Kebiasaan Orang Sukses

Dalam kondisi apapun sebenarnya Anda bisa belajar banyak terkait pengelolaan keuangan. Jika Anda melihat orang yang kaya atau miskin tentu ada pelajaran menarik dibalik itu. Bisa saja orang tua Anda  buruk dalam pengelolaan uang dan Anda belajar kebiasaan buruk pengelolaan uang dari mereka sehingga terbawa sampai sekarang. Anda pun sulit untuk keluar kebiasaan kamu yang telah dibentuk sejak kecil, karena sudah terlalu mengakar. Namun Anda bisa melihat hasilnya? Apakah keuangan Anda saat ini sesuai harapan? Jika tidak berubahlah dalam mengelola keuangan. Amati lingkungan Anda dan ambil contoh orang sukses untuk Anda jadikan referensi dalam mengelola keuangan. Anda harus berusaha untuk mencari contoh orang yang memiliki keahlian dalam mengatur keuangan. Jika hal tersebut Anda lakukan, maka Anda punya potensi untuk sukses.

  • Displin

Tidak hanya cermat dalam mengelola keuangan atau pun bijak dalam memilih investasi. Hal lain yang tak kalah penting adalah displin dalam mengatur keuangan Anda serta mempelajari tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik. Baiknya hall ini tidak hanya dilakukan hanya saat ekonomi memburuk namun juga saat ekonomi dalam keadaan membaik.

Berikut adalah artikel yang menginformasikan Tips Pengelolaan Keuangan saat Menghadapi Ekonomi yang Memburuk

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/mengelola-keuangan-saat-kondisi-ekonomi-memburuk

Jefri