Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif Walau PPKM

 

Hmmm… kira-kira kegiatan apa lagi ya yang belum dilakukan semenjak adanya virus covid-19 yang menggencarkan kancah dunia karena perubahan drastis yang timbul sejak kehadirannya. Terhitung selama pandemi ini telah diberlaksakannya beberapa sistem baru seperti halnya lockdown, online school, remote learning, Work From Home (WFH), PSBB dan PPKM. Sepertinya dengan jangka waktu yang sudah lebih dari satu tahun ini, segala hal telah kita lakukan ya? bahkan hal tersebut telah menjadi rutinitas kita sehari-hari. Namun, apakah hal-hal tersebut dapat tergolong kegiatan produktif? Kalau belum, maka simak beberapa tips agar dengan kondisi PPKM saat ini, kita semua tetap dapat melakukan kegiatan yang produktif.

 

  1. Buat skala prioritas kegiatan Anda

Skala prioritas dapat mulai Anda buat dengan listing hal apa saja yang ingin dikerjakaan dalam periode tertentu. Fungsinya adalah agar segala kegiatan tersebut dapat dilakukan tracking yang lebih terstuktur, terarah dan terperinci. Mengapa demikian? Karena terkadang kondisi PPKM seperti ini membuat kita lebih lalai dan bermalas-malasan, sehingga tidak ada kegiatan ‘pasti’ yang dapat kita lakukan. Maka dari itu, lebih baik segala kegiatan diorganisir dengan metode skala prioritas ini.

 

  1. Olahraga rutin

Walaupun kegiatan pada saat PPKM seperti saat ini memaksa kita semua untuk tetap berkegiatan hanya dari rumah, kita dapat tetap bugar dan terjaga kesehatannya dengan melakukan kegiatan seperti halnya olahraga. Olahraga sangat bervariatif, maka dari itu, kita tidak akan merasa cepat jenuh dan yang terpenting adalah kita harus tetap konsisten dalam berolahraga sehingga hasilnya pun dapat maksimal.

 

  1. Masak-memasak

Sudah tidak asing lagi, apabila kegiatan masak-memasak menjadi hal yang digemari oleh seluruh kalangan usia, gender, golongan untuk dilakukan bahkan jauh sebelum adanya PPKM saat ini. Memasak dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Belum lagi, hasil dari masak-memasak ini dapat dikonsumsi oleh diri kita sendiri, keluarga, rekan, teman-teman dan lain sebagainya. Tidak hanya produktif saja, apabila kita inovatif maka hasil dari masak-memasak tersebut dapat kita jual dan memperoleh penghasilan dari itu.

 

  1. Menulis artikel

Nah, kegiatan menulis artikel pastinya merupakan salah satu hal yang tergolong produktif. Di mana, apabila pada saat sore hari, kita yang hanya duduk santai saja, namun kali ini, kita dapat sembari menulis artikel pula. Artikel tersebut bertemakan apa saja yang nantinya dapat kita posting pada blog, social media, atau salah satunya adalah pada website Himpunan/BEM yang ada di kampus Anda. Menulis artikel dapat membuat pikiran lebih terbuka sehingga nantinya dapat memengaruhi, mendidik, memberitahu, meyakinkan atau bahkan menghibur para pembacanya.

 

Jadi, dari keempat tips diatas, pada akhirnya dapat Anda terapkan pada keseharian Anda di kala PPKM ini, sehingga waktu tidak terbuang percuma dan PPKM dapat menjadi lebih produktif.

Edlina Hurin U Karina