3 MANFAAT UTAMA MENGIKUTI ORGANISASI

Menjadi mahasiswa bukan hanya mengenai ilmu-ilmu formal saja akan tetapi juga mengenai ilmu-ilmu nonformal yang dapat dicapai dengan mengikuti organisasi. Mahasiswa saja tidaklah mudah apalagi jika harus mengikuti sebuah organisasi dimana dia harus mengejar nilai dari dosen serta mengatur jadwal sehari-harinya untuk berorganisasi maupun belajar. Akan tetapi mahasiswa dan organisasi adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, terlebih jika mahasiswa tersebut memiliki kemauan dan keseriusan ketika terjun didalam organisasi yang dia ikuti maka dia akan mendapatkan banyak sekali manfaat kedepannya.

Pada kesempatan kali ini saya menyampaikan 3 manfaat yang paling penting jika mengikuti organisasi:

  1. Melatih jiwa kepemimpinan

Mahasiswa yang mengikuti organisasi pastinya akan mendapatkan pelatihan maupun pengalaman bagaimana dia dipimpin dan bagaimana dia nantinya akanĀ  memimpin teman-temannya maupun memimpin organisasinya. Dimana setelah selesai masa baktinya pada organisasi tersebut maka mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa yang siap memimpin dan dipimpin.

  1. Belajar management waktu

Pada akhirnya mahasiswa yang mengikuti organisasi akan dihadapkan dengan kondisi dimana tugas kuliah yang banyak dan acara organisasi yang akan dilaksakan. Kedua hal tersebut merupakan hal yang sama pentingnya, disatu sisi tugas kuliah merupakan tanggung jawab kita kepada orang tua dan diri sendiri sedangkan persiapan acara merupakan tanggung jawab kita terhadap teman satu organisasi dan kepercayaan yang diberikan . Kondisi inilah yang akan membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang dapat menentukan skala prioritas dari kedua hal tersebut sehingga muncul lah management waktu tentang bagaimana kita mengerjakan tugas, organisasi, belajar, dan menikmati waktu liburan bersama keluarga.

  1. Memperluas pergaulan, jaringan, serta mengasah kemampuan social

Pergaulan, jaringan, serta kemampuan dalam berinteraksi social merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan ketika kita berada didalam kampus maupun setelah lulus nantinya. Dimana pergaulan dengan teman sepermainan akan menentukan siapa kita dimata orang lain maupun akan menentukan menentukan bagaimana keseriusan kita melalui nilai-nilai perkuliahan yang kita dapatkan. Jaringan merupakan salah satu jalan kita untuk mendapatkan pekerjaan maupun rekan bisnis, semakin banyak jaringan pertemanan yang kita miliki maka semakin banyak pula jalur mendapatkan pekerjaan maupun rekan bisnis. Sedangkan mengasah kemampuan social merupakan hal yang tak kalah penting juga karena semakin terlatih kita dalam berinteraksi maka semakin kita dapat menghargai lawan bicara kita dan semakin peka lah kita terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengikuti organisasi maka mahasiswa akan mendapatkan teman baru dari berbagai jurusan, sifat teman yang semakin beragam dan bagaimana mengahadapinya serta semakin luas nya jaringan yang didapatkan.

Sekian artikel yang dapat saya tulis, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

https://www.google.co.id/search?q=LOGO+himme&rlz=1C1GGRV_enID772ID772&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwi2gKfRjavaAhXDpY8KHTHlB1gQ_AUICigB&biw=1366&bih=637#imgrc=3e1E0jcUm2U0TM:

https://www.kompasiana.com/humaeroh/pentingnya-organisasi-bagi-mahasiswa_54f959fea333113c078b4c49

https://www.hipwee.com/daripembaca/13-alasan-sahih-kenapa-ikut-organisasi-saat-kuliah-adalah-pengalaman-yang-paling-berharga/

http://www.isigood.com/uncategorized/manfaat-jika-kamu-berorganisasi/

Faisal Aulia L