Rusia Mengintensifkan Serangan Ke Pabrik Militer Ukraina di Kiev

(Sumber: Kompas)

Kabar mengenai perang antara Rusia dan Ukraina sudah bukan pembahasan yang asing bagi seluruh masyarakat di dunia. Saat ini, perang antara Rusia dan Ukraina kian memanas seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat terlihat dari kejadian baru-baru ini, dimana Rusia menggempur secara habis-habisan pabrik perangkat militer, pabrik kendaraan militer dan pabrik amunisi di daerah Kiev, Ukraina. 

Pada 15 April 2022, Rusia dengan gencar menyerang salah satu pabrik pembuatan rudal di daerah Kiev yang bernama Pabrik Vizar. Rusia mengklaim bahwa dalam proses penghancuran pabrik tersebut, mereka menggunakan rudal jarak jauh berbasis laut. Berdasarkan pernyataan dari salah satu warga Ukraina yang bernama Andrei Sizov, terdapat 5 tembakan yang dilakukan oleh pasukan Militer Rusia untuk menghancurkan area dan pabrik tersebut. Penggunaan rudal jarak jauh yang dilakukan oleh Rusia tampaknya memberikan mimpi buruk bagi Ukraina (Detik News, 2022). 

Gempuran yang dilakukan oleh Rusia kepada pabrik yang berada di Ukraina berlanjut pada tanggal 16 April 2022 dimana Rusia menyerang secara intens pabrik perangkat keras militer di ibu kota Kiev. Berdasarkan hasil laporan yang dilansir oleh kantor berita AFP, Wali kota Kiev yang bernama Vitali Klitschko menyampaikan bahwa asap yang terbentuk di daerah Kiev disebabkan oleh ledakan yang dihasilkan oleh Militer Rusia di distrik Darnyrsky, Kiev.  

Di sisi lain, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa tindakan penyerangan yang dilakukan oleh pasukan Rusia atas fasilitas pabrik persenjataan di Kiev memang terjadi dan beliau menambahkan bahwa senjata yang digunakan untuk menghancurkan fasilitas pabrik persenjataan tersebut menggunakan “Senjata Jarak Jauh Presisi Tinggi”. Kehancuran yang disebabkan oleh Rusia tentu saja ada kaitannya tentang permasalah tenggelamnya kapal perang Rusia di laut hitam yang dilakukan oleh Ukraina (Voa, 2022).

Selain itu, pada waktu yang sama Rusia juga menyerang pabrik kendaraan militer berlapis baja di Kiev dan menyebabkan kehancuran pada fasilitas perbaikan militer di ibu kota Mykolaiv. Kementerian Pertahanan Rusia secara resmi menyatakan bahwa di waktu tersebut Rusia menggunakan senjata jarak jauh untuk menghancurkan kedua bangunan dan menembak jatuh pesawat tempur Ukraina di kota Izyum, Ukraina (CNN Indonesia, 2022). 

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, menyatakan bahwa pihak militer Rusia melancarkan rudal udara presisi tinggi kembali ke Ukraina guna untuk menghancurkan pabrik amunisi di daerah Kiev pada tanggal 17 april. Dari aksi yang dilakukan pihak militer Rusia, Igor Konashenkov menyatakan bahwa terdapat 29 militan yang tewas. Selain itu, pihak kementerian menambahkan bahwa saat ini Rusia telah menghancurkan berbagai kendaraan dan persenjataan militer Rusia seperti 134 buah pesawat, sebanyak 249 rudal anti pesawat, 470 pesawat tanpa awak, 2.290 kendaraan berlapis baja, 254 peluncur roket ganda, 992 mortar dan artileri medan dan 2.166 kendaraan khusus (Xinhua, 2022). 

Referensi

CNN Indonesia. (2022). Rusia Hancurkan Pabrik Kendaraan Militer Di Kyiv. internasional. Retrieved April 19, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220416183432-134-785554/rusia-hancurkan-pabrik-kendaraan-militer-di-kyiv

Detikcom, T. (2022). Rusia gempur pabrik Perangkat Militer di Ibu kota Ukraina. detiknews. Retrieved April 19, 2022, from https://news.detik.com/internasional/d-6035813/rusia-gempur-pabrik-perangkat-militer-di-ibu-kota-ukraina

Voa. (2022). Rusia Serang pabrik rudal Ukraina setelah kapal perangnya ditenggelamkan. VOA Indonesia. Retrieved April 19, 2022, from https://www.voaindonesia.com/a/rusia-serang-pabrik-rudal-ukraina-setelah-kapal-perangnya-ditenggelamkan-/6532035.html

 Xinhua. (2022). Angkatan Bersenjata rusia Hancurkan Pabrik Amunisi di Daerah Kiev. Antara News. Retrieved April 19, 2022, from https://www.antaranews.com/berita/2826713/angkatan-bersenjata-rusia-hancurkan-pabrik-amunisi-di-daerah-kiev

Rafael Geraldine - IRB News