Mengenang 18 Tahun Bom Bali

12 Oktober 2002 menjadi salah satu hari terburuk dalam sejarah negara Indonesia, khususnya bagi masyarakat Provinsi Bali. 18 tahun lalu, sebuah aksi terorisme terbesar dalam sejarah kehidupan Bangsa Indonesia terjadi di jantung hiburan malam di Legian Bali

Dua ledakan bom berdaya ledak tinggi menghancurkan 2 Pub ternama di wilayah tersebut, *Paddy’s Pub dan Sari Club* yang menewaskan 202 jiwa baik wisatawan mancanegara maupun warga lokal. Dentumannya bahkan terdengar hingga ke wilayah Denpasar yang berjarak belasan kilometer dari groundzero meledaknya bom

Selain meledak di daerah Legian, ledakan pada malam yang sama  juga menargetkan langsung Konsulat Amerika Serikat yang berlokasi di daerah Renon, Denpasar tetapi tidak memakan korban jiwa karena salah satu terpidana seumur hidup *Ali Imron* meletakan peledak di samping Gedung Konsulat.

Peristiwa Bom Bali 1 merupakan sebuah agenda serangan dari kelompok ekstrimis *Jamaah Islamiyah (JI)* yang memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda di Afghanistan dimana  kelompok ini menargetkan wisatawan asing khususnya dari negara yang memiliki hubungan erat dengan Amerika Serikat. 

Aktor-aktor utama dalam perencanaan serangan ini berasal tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga warga negara Malaysia seperti Dr. Azahari dan Noordin M. Top. Dari sejumlah aktor terdapat 3 terpidana mati yaitu  Imam Samudra, Amrozi, dan Ali Ghufron alias Mukhlas yang menjadi pentolan dalam aksi terorisme ini.

Pasca tragedi tersebut, Presiden Amerika Serikat kala itu George Bush mendesak pemerintah Indonesia untuk semakin gencar dalam menangani dan memberantas terorisme. Hal ini ditanggapi dengan baik oleh *Presiden Megawati* yang kala itu menjabat.

Akhirnya, terciptalah sebuah kerjasama yang mengkhususkan bidang penanggulangan terorisme. Pemerintah Indonesia mengirimkan *anggota Polri* untuk berlatih secara khusus tentang pemberantasan terorisme ke negeri Paman Sam dan sebaliknya Amerika Serikat memberikan bantuan peralatan kepada Indonesia.

Sumber:

Tempo.co. (2003, November 20). Bush dan Megawati Sepakati Tuntaskan kasus Bom Bali. Retrieved from Tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/31112/bush-dan-megawati-sepakat-tuntaskan-kasus-bom-bali