Makanan terkenal khas Indonesia yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Siapa sangka hanya dengan kuliner yang dimiliki oleh suatu negara, dapat dijadikan sebagai sumber destinasi dan tujuan orang-orang asing untuk mengunjungi negara tersebut. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 34 provinsi, dan hal tersebutlah yang membuat negara kita ini berbeda dari negara-negara lainnya. Kita diberikan karunia kekayaan alam yang melimpah, berbagai ciri khas seni budaya yang beragam, dan masih banyak lagi. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri dalam tradisi adat, pakaian, bahasa, begitu juga dengan makanan di daerah asal mereka sendiri.

Telah tercatat ada sekitar 5.300 makanan khas Indonesia yang sudah tercatat, mengapa bisa banyak sekali? Karena satu daerah tidak hanya memiliki 1 hidangan, melainkan lebih. Karena terlalu banyak, pemilihan untuk hidangan mana yang dapat dijadikan ikon dari Indonesia juga relatif sulit untuk ditemukan. Hingga akhirnya pada 2012 kemarin sudah ditetapkan 30 hidangan sebagai ikon dari Indonesia (Andriani, 2013). Tentunya kita sebagai masyarakatnya sendiri sudah mengetahui banyak hidangan yang ada di Indonesia, bukan hanya hidangan dari daerah asal kita sendiri, tetapi banyak juga hidangan yang berasal dari daerah lain dan menjadi tujuan destinasi kita jika datang ke daerah tersebut. Berikut adalah beberapa kota dan makanan khasnya yang sudah dikenal banyak orang.

DKI Jakarta merupakan ibu kota dari Indonesia, saat kamu datang mengunjungi kota ini pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama hidangan kerak telor. Tidak sulit untuk menemukan hidangan ini di Jakarta, karena biasanya banyak dijual oleh pedagang kaki lima di bahu jalan, bahkan kerak telor kerap dijual di Malaysia, Arab Saudi, dan Amerika Serikat (Indonesia.go.id, 2018) Hidangan ini terbuat dari telur dan juga nasi, kamu dapat memilih varian telurnya yang berupa telur ayam dan telur bebek. Hidangan ini sangat gurih karena diberikan serundeng yang berasal dari kelapa dan bawang goreng untuk pelengkap sehingga makin kaya akan rasa. Cara pembuatannya juga unik karena menggunakan kuali dan arang, setelah setengah matang penjual akan membalik kualinya hingga matang (ShopBack Indonesia, 2019).

Selanjutnya Bali juga merupakan pulau yang terkenal di Indonesia, Bali juga seringkali dijadikan tujuan destinasi wisata oleh masyarakat Indonesia sendiri hingga wisatawan asing. Makanan khas yang dapat kita jumpai di sana adalah sate lilit khas Bali. Karena setiap warung makan yang ada disana menyediakan menu ini, sehingga sangat mudah ditemukan dimana-mana. Sate lilit berasal dari daging cincang yang ditusuk dengan tangkai bambu ataupun batang serai. Daging yang digunakan juga bervariasi dari daging ayam, sapi, ikan tenggiri, dan juga daging babi. Rasanya yang sangat lezat karena menggunakan bumbu khas dari Bali, menciptakan daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu kuliner favorit yang tidak boleh dilewatkan (Kompas.com, 2020).

 

Dan yang terakhir kita pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan padang, tanpa mengunjungi kota tersebut hidangannya seringkali kita temui dimana saja. Masakan padang terkenal karena kelezatannya serta bumbunya yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu menu terkenal yang biasa kita jumpai di rumah masakan padang adalah rendang, karena sangat terkenal akan rasanya yang enak. Rendang juga pernah dinobatkan oleh CNN sebagai makanan nomor 1 di dunia (Widyananda, 2020). Daging yang biasanya digunakkan adalah daging sapi, lalu dimasak dengan waktu yang cukup lama sehingga bumbunya akan meresap dan daging terasa empuk.

Seluruh hidangan tersebut memiliki cita rasa yang berbeda-beda sesuai daerah masing-masing. Hal tersebut juga membuktikan bahwa hidangan dari Indonesia sendiri tidak kalah enaknya dengan hidangan khas luar negeri yang sering kita lihat di berbagai restoran.

Ketiga makanan tersebut dapat dikatakan sebagai alat politik untuk diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional. Sate lilit dengan bumbu khas Bali secara eksplisit akan menumbuhkan daya tarik yang akan menunjang pariwisata Bali sebagai destinasi wisata yang menjanjikan. Selain itu spektrum penjualan kerak telor yang hingga ke beberapa negara akan lebih dikenal secara implisit terkait eksistensi DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia yang kaya makanan lezat. Eksistensi nasi padang yang dikenal sebagai makanan nomor 1 didunia berdasarkan CNN akan berdampak pada kurositas publik global terhadap Indonesia baik dari kuliner lainnya maupun destinasi wisata yang berada di Indonesia.

Dengan mengkonsumsi makanan khas negara sendiri, berarti kita turut berkontribusi dalam menjaga sekaligus mengembangkan kekayaannya. Oleh sebab itu kita harus bangga dengan apa yang dimiliki Indonesia, karena pada dasarnya negara kita memiliki banyak keunikan yang dapat bersaing dengan luar negri.

Referensi

Andriani, D. (2013, Agustus 22). Kuliner Indonesia, Potensi Masakan Nusantara di Pasar Dunia. Bisnis.com. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20130822/263/158136/kuliner-indonesia-potensi-masakan-nusantara-di-pasar-dunia

Indonesia.go.id – Tak Sengaja, Kerak Telor Jadi Terkenal. (2018). Indonesia.go.id. https://indonesia.go.id/ragam/kuliner/kebudayaan/tak-sengaja-kerak-telor-jadi-terkenal

Kompas.com. (2020, 11 5). 15 Makanan Khas Bali yang Patut Masuk Daftar Kulineranmu, dari Sate Lilit sampai Jukut Ares Artikel ini telah tayang di Kompas15 Makanan Khas Bali yang Patut Masuk Daftar Kulineranmu, dari Sate Lilit sampai Jukut Ares. Kompas.com. https://www.kompas.com/food/read/2020/11/05/142933875/15-makanan-khas-bali-yang-patut-masuk-daftar-kulineranmu-dari-sate-lilit?page=all

ShopBack Indonesia. (2019). 25 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba, Nggak Cuma Kerak Telor!www.shopback.co.id. https://www.shopback.co.id/katashopback/makanan-khas-jakarta

Widyananda, R. F. (2020, Oktober 15). 14 Makanan Khas Padang yang Unik dan Lezat, Gugah Selera Makan Anda. merdeka.com. https://www.merdeka.com/jatim/14-makanan-khas-padang-yang-unik-dan-lezat-gugah-selera-makan-anda-kln.html?page=2