Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Rumah Budaya Indonesia

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang beragam. Keindahan dan keunikan yang dimiliki berbagai budaya tersebut membuat ciri khas tersendiri yang membedakan antara budaya yang satu dengan lainnya. Mulai dari seni tari, bahasa, alat musik, pakaian adat, hingga masakan tradisional, sehingga setiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Tidak hanya dilihat sebagai nilai keindahan, nyatanya budaya bisa dijadikan sebagai alat diplomasi oleh negara. Sudah banyak masyarakat asing yang juga tertarik dengan kebudayaan yang ada di Indonesia dan ingin mempelajarinya. Dengan semakin dikenal oleh masyarakat luas, sudah seharusnya kebudayaan tersebut dijaga dan dilestarikan agar masyarakat asing tahu bahwa kebudayaan tersebut adalah milik Indonesia.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar masyarakat asing bisa mengenal dan mengetahui bahwa kebudayaan tersebut berasal dari Indonesia. Salah satunya melalui program Rumah Budaya Indonesia yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sejak tahun 2012. Rumah Budaya Indonesia sendiri merupakan suatu ruang publik yang diciptakan sebagai wadah untuk memperkenalkan berbagai budaya yang dimiliki Indonesia kepada masyarakat asing. Program Rumah Budaya Indonesia ini direncanakan akan dibuat di beberapa negara seperti Jepang, Prancis, Amerika Serikat, Jerman, Australia, Myanmar, Singapura, Timor Leste, dan Turki. Nantinya, Rumah Budaya Indonesia akan dinamakan menjadi Indonesia Cultural Centre. Lokasi dari Rumah Budaya Indonesia itu sendiri akan ditempatkan di kota yang sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia atau di kota lainnya yang dianggap strategis, memiliki nilai budaya dan pariwisata.

 http://atdikbudtokyo.kemdikbud.go.id/201 1

 (RBI di Tokyo 2019)

Rumah Budaya Indonesia, masyarakat asing bisa mengetahui dan mempelajari berbagai kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Masyarakat asing bisa mengenal berbagai macam masakan khas daerah yang ada di Indonesia melalui festival kuliner yang diadakan, mempelajari bahasa Indonesia, melihat pertunjukan alat musik tradisional, dan berbagai hal lainnya.

Rumah Budaya Indonesia akan menjadi langkah awal yang baik, yang mana dapat mendukung terjadinya hubungan diplomasi antar kedua negara, khususnya pada diplomasi budaya. Tidak hanya itu, Indonesia bisa meningkatkan apresiasi dan citranya di kancah internasional yang nantinya akan membangun ikatan budaya antar masyarakat internasional terhadap Indonesia.

Adanya Rumah Budaya Indonesia membuktikan bahwa keberadaan budaya merupakan suatu hal yang penting. Tidak hanya dilihat sebagai nilai keindahan, budaya juga membawa pengaruh baik untuk manusia. Melalui budaya, orang-orang dari berbagai negara bisa saling mengenal satu sama lain dan mempelajari perbedaan-perbedaan budaya yang ada dari satu negara dengan negara lainnya. Tidak hanya untuk masyarakatnya, budaya juga bisa menjadi sebuah alat yang dapat mendekatkan hubungan antar negara melalui diplomasi.

Referensi :

Unesco, K. (2016, November 14). Memperkenalkan ‘Rumah Budaya Indonesia’ di Belanda. KWRI UNESCO | Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO. https://kwriu.kemdikbud.go.id/berita/memperkenalkan-rumah-budaya-indonesia-di-belanda/

Liputan6.com. (2015, March 6). Indonesia Akhirnya Punya Rumah Budaya di Jepang. https://www.liputan6.com/citizen6/read/2186422/indonesia-akhirnya-punya-rumah-budaya-di-jepang