Pura Penyucian Aura

Source: https://www.nativeindonesia.com/goa-gajah/

         Menghabiskan waktu liburan khususnya menjelang akhir tahun bisa digunakan melalui berbagai cara, seperti salah satunya adalah menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman-teman dengan merencanakan untuk pergi ke tempat wisata. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang indah, tetapi yang paling terkenal di dalam maupun di luar negeri sudah pasti pulau Bali. Lebih lanjut, bahkan banyak orang luar negeri yang tidak mengetahui Indonesia, tetapi mengetahui pulau Bali.

            Tidak heran pulau Bali menjadi tempat wisata bagi warga lokal maupun mancanegara karena pulau bali menyajikan aneka macam tujuan wisata yang dapat menarik kunjungan wisatawan. Perpaduan antara keindahan alam dan budaya lokal adalah modal terbaik yang ditawarkan kepada para wisatawan. Salah satu tujuan wisata yang masih sangat kental dengan budaya dan religi adalah Pura Goa Gajah.

            Pura Goa Gajah merupakan tempat ibadah yang disucikan sekaligus menjadi tempat wisata. Pura Goa Gajah memiliki kolam pemandian dengan 6 patung yang menurut kepercayaan warga sekitar bisa membersihkan aura pengunjung dengan cara dibasuh oleh air yang berada di Pura Goa Gajah tersebut. Karena merupakan tempat yang sangatsuci, pengunjung harus memakai pakaian yang sopan dan wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan masuk ke Pura tersebut. Pura yang berada di kabupaten Gianyar, Bali ini mendapatkan situs warisan dunia yang harus dilindungi dari UNESCO.

             Sudah banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Bali dari hanya berkunjung untuk liburan hingga memutuskan untuk menetap selama bertahun-tahun. Banyaknya wisatawan yang datang ke pulau Bali memberikan keuntungan bagi Indonesia, dimana memperlihatkan keuntungan dari sektor pariwisata dan terdapat pertukaran budaya dan Bahasa. Dewasa ini, pulau Bali yang sangat menitikberatkan sektor pariwisata menunjukan kuantitas wisatawan yang menurun drastis akibat dari pandemi.

Rudi. (2021). Goa Gajah, Goa Kerukunan Antar Agama di Bali. Retrieved from: https://www.nativeindonesia.com/goa-gajah/