PILMAPRES 2023 BINUS University

Para Pemenang PILMAPRES

Jakarta pada tanggal 17 Maret 2023, telah diselenggarakan kegiatan PILMAPRES atau yang biasa dikenal dengan kepanjangan pemilihan mahasiswa berprestasi. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan kompetisi mencari mahasiswa yang layak baik dari segi prestasi secara akademis maupun non-akademis. Kegiatan PILMAPRES 2023 ini diselenggarakan oleh SCAC (Student Club and Activity Center) di Auditorium lt. 4 Binus Anggrek. Binus University juga menjadikan PILMAPRES sebagai wada  untuk mengembangkan potensi dan kemampuan para mahasiswanya.   

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development). Beliau menyampaikan satu dua patah kata mengenai tujuan serta garis besar linimasa kegiatan PILMAPRES, yakni untuk menyeleksi satu kandidat terbaik di antara mahasiswa berprestasi terbaik dari setiap fakultas yang ada di Binus University. Pemenang dari tingkat universitas ini akan mewakili Binus University berkompetisi di tingkat LLDIKTI sampai Nasional dengan Mahasiswa terbaik dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. 

Finalis Perwakilan Fakultas PILMAPRES

Peserta PILMAPRES tingkat Universitas terdiri dari 7 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari semua fakultas yang ada di BINUS University, antara lain:

  1. Edward Hartanto Enrico Abadi – School of Information Systems 
  2. Annisa Saptayulia Belvanugraha – Faculty of Engineering
  3. Delviana Pramata – Faculty of Humanities 
  4. Jessica Christabel Gan – School of Design 
  5. Maevy Marvella – School of Computer Science 
  6. Olivia Valentina – Faculty of Digital Communication 
  7. Thalea Christy Nathaniela – Faculty BINUS Business School 

Para kandidat melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dipersiapkan dari sejak kandidat dinyatakan lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat fakultas, didampingi Dosen yang kompeten dalam bidangnya. Sesi presentasi KTI dipandu oleh dua panelis yang sudah terbukti memiliki track record dalam bidang ilmiah, yakni Prof. Dr. Juneman Abraham, S. Psi., M.Si. (Lecturer of Psychology) dan Dr. Elidjen S. Kom. (Associate Professor of Management). Peserta diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 5 menit sesi tanya jawab dengan panelis. 

Speech Impromptu oleh Edward Hartanto Enrico Abadi

Berikutnya dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, di mana kandidat diberikan topik tertentu. Dilanjutkan dengan kandidat mempersiapkan paparan dari topik tersebut, kemudian memaparkan topic tersebut selama 3 menit. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan/pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. (Language Center Manager) dan Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA. (Lecturer of Language Center). Sesi ini bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para kandidat.

Juara Favorit PILMAPRES (Thalea Christy Nathaniela)

Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2023 kali ini adalah Edward Hartanto Enrico Abadi dari School of Information Systems. Serta dalam final ini terdapat kategori juara Mawapres Favorit yang penentuannya berdasarkan voting oleh Binusian, dan yang mendapat juara Mawapres Favorit kali ini adalah Thalea Christy Nathaniela dari Faculty BINUS Business School.

Nadia Prilly Br Surbakti