Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pemenuhan Gizi Seimbang pada Anak

Sumber: https://blogs.oracle.com/marketingcloud/10-marketing-automation-lessons-from-bad-stock-photos

Peran orang tua memang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang anak. Bagaimanapun juga, anak harus mendapat asupan gizi yang cukup agar tumbuh sehat. Seorang anak dikatakan sehat apabila pertumbuhan dan perkembangannya dikatakan normal. Anak yang sehat seharusnya mampu untuk beraktivitas seperti bermain, berlari-lari, dan memiliki keinginan untuk mencoba hal-hal yang baru.

Kesehatan dan gizi memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan antara satu sama lain. Karena kesehatan dan gizi adalah suatu hal yang mendatangkan kebaikan dengan diberikan suatu zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu sangat penting untuk orang tua dalam menjaga gizi yang seimbang pada anak yang masih mengalami pertumbuhan.

Para orang tua harus selektif dalam apa yang akan dikonsumsi seorang anak. Seperti sejak anak masih dalam kandungan, kesehatan anak perlu diperhatikan melalui ibunya. Sang ibu harus memilih makanan yang bergizi dan berserat, sebab sari makanan akan dimakan bayinya. Setelah anak lahir, air susu ibu (ASI) wajib diberikan kepada anak. Karena ASI merupakan makanan yang sangat baik untuk bayi yang baru lahir.

Dalam setiap rentang usia sang anak, kebutuhan gizi akan selalu bertambah disetiap usianya. Dimulai pada usia 1 tahun sampai 3 tahun, anak akan mengkonsumsi apa saja yang akan orang tua mereka berikan. Di usia ini, anak akan belajar mengenal rasa dan tekstur dari makanan. Seharusnya orang tua memilih jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. Perlu diperhatikan bahwa anak akan menyukai atau tidak jenis makanan yang akan di berikan. Selain itu jika sang anak tidak menyukai makanannya, maka orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam mengkreasikan makanan.

Dalam usia 4 tahun sampai 6 tahun, anak akan menjadi lebih aktif dalam memilih makanan yang dia sukai atau tidak disukai. Selain itu, anak juga harus dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi seperti sayuran dan buah-buahan agar asupan vitamin dan mineralnya bertambah. Orang tua juga harus menjaga kesehatan pencernaan sang anak. Maka dari itu lebih baik hindari memberikan makanan yang tidak higienis pada sang anak.

Pertumbuhan anak memerlukan gizi yang seimbang. Hal tersebut bertujuan agar seluruh anggota tubuh dapat tumbuh secara maksimal, begitu juga dengan pertumbuhan tulang dan otot yanga akan semakin kuat.

Para orang tua juga diharapkan bisa menciptakan suasana makanan yang menyenangkan. Bagaimapun juga jika suasana pada saat makan menyenangkan, akan mengundang selera untuknya. Cobalah untuk mengkreasikan makanan yang akan dibuat. Jika anak tidak suka sayuran, lebih baik orang tua membuat kreasi yang tidak biasa dengan sayuran tersebut. Seperti misalnya mencoba membuat gambar orang dengan sayuran tersebut.

Karena jika kebutuhan gizi tidak mencukupi, akan menimbulkan masalah untuk kesehatan anak. Seperti membuat tubuh lemah dan mudah terserang berbagai penyakit. Dalam jangka panjang, anak yang kekurangan gizi akan memiliki masalah dalam tumbuh kembangnya. Dari mulai pertumbuhan fisik hingga perilaku anak di masa dewasa.

Biasakan utuk memberikan pola makan sehat untuk si kecil. Di masa pertumbuhan, zat gizi yang mengandung energi, protein, vitamin, kalsium dan zat besi memang wajib dikonsumsi anak. Maka dari itu orang tua wajib memperhatikan apa yang akan di makan oleh anak mereka. Sebaiknya para orang tua menghindari makanan jajanan dari luar rumah. Selain itu juga, bisa membiasakan sarapan pagi dan membawa bekal saat pergi ke sekolah. Hindari juga dalam memberikan makanan kegemaran sang anak terhadap satu jenis makanan. Jenis makanan yang bervariatif akan mengenalkan anak pada makanan yang mengandung berbagai macam manfaat bukan hanya satu manfaat saja.

Ciptakan kesadaran pada anak untuk mau memakan makanan yang baik bagi kesehatannya. Dengan demikian anak akan merasa senang dan tidak perlu dipaksa untuk keteraturan makannya. Pra orang tua perlu memberikan perhatian yang benar terhadap gizi anak, karena dengan gizi yang seimbang maka anak akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan akan tumbuh dengan sehat.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: http://www.futuready.com/artikel/health/kesehatan-anak-usia-dini-pentingnya-memperhatikan-asupan-gizi/

Larasati