Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia

Sumber Gambar : http://www.medcofoundation.org/pendidikan-di-daerah-tertinggal/

Pendidikan merupakan upaya yang dapat mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu melaksana tugas yang dibebankan kepadanya. Jadi, pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang semakin penting karena bisa menjadi bekal mendidik generasi lebih cemerlang. Tetapi di Indonesia kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu masih menjadi masih menjadi masalah utama dalam sektor pendidikan yang berkualitas.

Salah satu factor rendahnya kualitas sekolah di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para guru seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan bakat, keperluan dan juga minat yang dimiliki muridnya. Kebanyakan guru belum memiliki profesionalisme yang memadai untuk menjalankan tugasnya yaitu untuk merencanakan pembelajaran, melakukan pembimbingan, melakukan pelatihan, melakukan pelatihan, dan melakukan penelitian.

Selain dari guru, rendahnya prestasi siswa juga menjadi salah satu faktor. Ternyata anak-anak di Indonesia hanya mampu menguasai 30% dari materi bacaan dan mereka sulit menjawab soal-soal berbentuk uraian yang memerlukan proses berpikir yang menghasilkan sejumlah kosep dan pengertian.Hal ini mungkin disebabkan oleh terbiasanya menghafal dan mengerjakan soal pilihan ganda.

Salah satu akibat pengangguran di Indonesia di akibatkan oleh tiadanya kesesuaian antara jejang pendidikan dan ketersediaan lapangan kerja. Banyak lulusan SMA bersedia menjalani pekerjaan yang seharusnya diperuntukkan untuk lulusan SD dan SMP. Sekitar 20persen lulusan SMA rela bekerja di sector tanpa ketrampulan dan 65 persen semi-skilled. Yang bisa dilakukan untuk mengatasi semua ini adalah untuk meningkatkan kepemimpinan guru dengan proses berupa konsultasi dan pelatihan. Untuk rendahnya prestasi siswa, proses pembelajaran harus efektif. Guru harus benar-benar memaksimalkan proses pembelajaran sehingga materi dan target dapat dicapai secara maksimal dan efektif.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : Ketik Disini (Wikipedia tidak disarankan)

https://brainly.co.id/tugas/1614685

https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/artikel-berita/9420-masalah-pendidikan-di-indonesia-dan-solusinya

 

Angela Brigita Hamson