Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mata serta Perkembangan Anak


Sumber : google

Di dunia yang semuanya serba cepat ini yang disebabkan oleh adanya globalisasi yang terjadi di seluruh dunia. Teknologi menjadi sebuah alasan utama bagaimana globalisasi membuat seluruh dunia semakin terhubung satu dengan yang lain. Teknologi seperti gadget memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan adanya teknologi, apa pun bisa terjadi dan itu membuat segalanya lebih cepat dan lebih praktis atau mudah untuk dilakukan. read more

Saat ini, teknologi selalu diperbarui dan dipercanggih sehingga semakin sangat maju. Gadget dapat dengan mudah diakses atau digunakan oleh banyak orang, dari orang dewasa bahkan sampai anak. Orang tua pun juga mengizinkan anaknya untuk bermain dengan gadgetnya saat sedang berkumpul bersama di rumah, di restoran atau di sebuah event atau acara.

Ada beberapa alasan mengapa orang tua membiarkan anaknya bermain gadget pada saat di rumah, diluar rumah, di tempat makan atau di tempat-tempat yang lain. Pertama, mereka ingin anak-anak mereka untuk diam pada saat di tempat umum, sehingga mereka tidak mengganggu orang tua mereka dengan pekerjaan mereka, atau bahkan berisik sehingga mengganggu orang lain di sekitar mereka.

Selain itu, para orang tua ingin anaknya untuk pandai dan pintar dalam menggunakan gadget, sehingga anaknya tidak “gaptek” dengan teknologi yang ada baru-baru ini dan dapat dengan mudah beradaptasi dan menggunakan gadgetnya untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. Terakhir, membiarkan anak untuk dapat mengembangkan kreativitasnya dengan melakukan berbagai hal, seperti membuat digital art atau karya-karya yang bisa dihasilkan di teknologi.

Anak-anak sering sekali kecanduan ketika menggunakan gadget jika orang tua mereka tidak membatasi waktu anak-anak mereka untuk dapat bermain dengan gadget mereka. Tentu saja jika anak selalu menggunakan gadget mereka tanpa henti atau tidak ada waktu untuk istirahat, maka akan terdapat beberapa dampak, terutama dampak bagi mata anak-anak. 

Pertama-tama, gadget menghasilkan sinar radiasi dan sinar ultraviolet yang berdampak buruk bagi mata anak-anak. Mata anak-anak masih sangat sensitif dan masih terus berkembang, jika matanya sering terpapar sinar ultraviolet yang berasal dari gadget, maka dapat menyebabkan mata kering. Sebab saat bermain dengan gadget, frekuensi berkedip berkurang sehingga menyebabkan mata kering.

Kemudian, dampak lainnya adalah membuat mata anak menjadi minus, pandangan mata menjadi buram, dan tidak bisa melihat jauh. Maka anak harus menggunakan kacamata agar bisa melihat dengan jelas. Hal ini banyak sekali terjadi pada anak kecil, yang menyebabkan mereka harus menggunakan kacamata di usia yang masih sangat muda.

Hal-hal di atas tidak akan terjadi jika orang tua melakukan pencegahan untuk mencegah hal tersebut. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara membatasi waktu anak dalam bermain gadget, sehingga anak tidak selalu fokus pada gadget, akan tetapi dapat mencari aktivitas lain selain gadget, jadi mata anak bisa rileks. 

Selain berdampak negatif pada mata anak, juga berdampak negatif pada perkembangan anak. Jika anak-anak sudah kecanduan gadget dengan memainkannya tanpa henti dan tiba-tiba orang tuanya membatasi dalam bermain gadgetnya, maka hal itu dapat menyebabkan mereka depresi karena tidak lagi bermain dengan gadgetnya, dan dapat menimbulkan kebingungan kepada anak-anak karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. 

Dampak lainnya adalah kurangnya komunikasi dengan orang-orang sekitar sehingga menyebabkan komunikasi mereka tidak bagus dan tidak tertata dengan baik. Tapi, lihatlah gadget yang dari sisi yang baik. Gadget tidak selalu berdampak negatif bagi perkembangan anak, gadget juga dapat memberikan sisi yang positif. 

Pertama, bisa mendukung perkembangan kreativitas pada anak karena mereka bisa mengeksplorasi hal-hal baru atau hal yang belum pernah mereka lakukan dengan gadgetnya. Kedua, anak bisa mencari informasi dengan cepat tentang apa yang mereka ingin ketahui. Ketiga, yang terakhir, untuk melatih imajinasi dan membantu proses pembelajaran anak.

Setelah dilihat beberapa dampak yang ditimbulkan oleh gadget kepada anak, terdapat beberapa dampak negatif yang ditimbulkan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa pencegahan untuk meminimalisir dampak tersebut dengan cara membatasi waktu bermain gadget dan memberitahu alasannya kepada anak agar anak mengerti.

Referensi : 

  • “The Impact of Gadgets on Eye Health.” Hermina Hospitals, 27 June 2022, https://www.herminahospitals.com/en/articles/dampak-gadget-terhadap-kesehatan-mata.html. Accessed 7 August 2023.
  • “Children and Technology: Positive and Negative Effects | Maryville Online.” Maryville University Online, https://online.maryville.edu/blog/children-and-technology/. Accessed 7 August 2023.
  • “BAHAYA GADGET BAGI ANAK – ANAK.” RSUD Cilacap, https://rsud.cilacapkab.go.id/v2/bahaya-gadget-bagi-anak-anak/. Accessed 7 August 2023.
  • “Ketahui Ciri-Ciri Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya.” Siloam Hospitals. 28 March 2023. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/ciri-ciri-kecanduan-gadget-dan-cara-mengatasi. Accessed 7 August 2023.
Natasyha Susanto, Nathalie Effendi, Petra Estella Gracia, Regina Meliani, Revi Aura Mashuri, Reydha Tambul, Sadira Atha Nasywa Buana