Bahaya Minuman Bersoda

         Sumber Gambar : http://i-cdn.apartmenttherapy.com/uimages/kitchen/081511-soda.jpg

Halo sahabat tfisc, kali ini kita akan membahas tentang cara menjaga kesehatan terutama mengenai bahaya minuman bersoda, seperti yang kita ketahui banyak sekali masyarakat yang suka meminum minuman bersoda. Gelembung-gelembung yang dihasilkan soda seperti menggelitik tenggorokan para penikmatnya apalagi pada saat cuaca yang panas. Itulah alas an mengapa banyak sekali masyarakat yang menyukai soda, apalagi jika soda itu dingin, sangat menyegarkan bukan? tetapi, minuman bersoda sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kita. Dibalik kesegarannya, ternyata minuman ini menyimpan beberapa bahaya yang serius bagi tubuh kita.

Minuman bersoda, meningkatkan resiko kita terkena diabetes. Seperti yang kita ketahui, salah satu bahan terbesar dalam kandungan soda adalah gula atau pemanis buatan. Hal ini dapat memicu diabetes, juga memicu penyakit lainnya yang dapat disebabkan oleh diabetes, yaitu stroke dan jantung coroner. Minuman bersoda juga memiliki kandungan kalori yang sangat banyak. Asupan kalori yang terlalu banyak dapat menyebabkan kita menderita obesitas. Itulah salah satu penyebab mengapa di Amerika, terdapat tingkat obesitas yang tinggi, terutama pada anak-anak karena mereka mengkonsumsi soda minimal 2 botol perhari, atau mereka meminum soda seperti meminum air putih. Perlu digarisbawahi dan diingat juga, bahwa obesitas juga dapat memicu penyakit lain seperti obesitas, stroke, kerusakan jantung coroner dan sebagainya. Kandungan yang juga banyak dalam soda adalah asam fosfat. Asam fosfat, dapat melarutkan kalsium yang terdapat pada tulang. Sehingga, tulang kita akan menjadi rapuh dan mudah keropos. Hal berbahaya terakhir yang akan saya bahas pada artikel ini adalah minuman bersoda juga dapat mebuat kita menjadi ketergantungan terhadap konsumsi kafein. Konsumsi kafein dalam dosis normal memang dapat menguntungkan bagi kesehatan kita. Tetapi, semua yang berlebihan pasti akan menjadi negative bagi tubuh kita.

Dari beberapa bahaya yang saya bahas diatas, dapat kita simpulkan bahwa konsumsi soda, terlebih lagi konsumsi soda yang berlebihan sangatlah tidak baik bagi tubuh kita, juga penyakit yang ia timbulkan semuanya saling menyambung satu sama lain sehingga dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit di kedepannya. Maka dari itu, ada baiknya bahwa kita mulai mengurangi konsumsi soda atau berhenti meminum soda agar tubuh kita tetap sehat apalagi pada saat kita mulai tua nanti dimana kita akan lebih rentan terhadap penyakit – penyakit. Kita juga dapat mencoba mengganti kebiasaan meminum soda dengan minuman lain yang lebih sehat seperti jus buah, infused water, air putih dan sebagainya.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://doktersehat.com/bahaya-minuman-bersoda/