Apakah Penting Brand Platform Dalam Sebuah Marketing?
Apa itu marketing ? Marketing atau pemasaran adalah suatu proses strategis yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan segala kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen. Dalam sebuah marketing pastinya terdapat tugas-tugas yang berguna untuk memberikan keuntungan terhadap sebuah Perusahaan seperti contoh menentukan strategi pemasaran, melakukan riset konsumen, mengembangkan content dan campaign, melakukan manajemen jangka Panjang ke empat hal inilah yang dapat membuat Perusahaan mengalami keuntungan. Jenis-jenis dalam marketing adalah Branding, Iklan siaran, Multi level Marketing, Online atau internet, WoMM, Public Relation Marketing, Relationship Marketing. Langkah awal menjadi seorang marketing memahami produk knowledge, mengetahui perilaku konsumen, memperluas jaringan bisnis, memperhatikan respon konsumen, selalu bersikap optimis, mempunyai teknologi yang mendukung.
Di dalam hal ini saya ingin membahas lebih dalam tentang Brand Platform ? Brand Platform itu adalah sebuah dokumen yang sengaja di buat untuk menjelaskan fitur-fitur khas sebuah brand, baik secara ideologis maupun visual. Dokumen ini sangat penting untuk membentuk citra bisnis secara keseluruhan dan memberikan penawaran yang unik serta menarik bagi target audiens, tidak hanya itu dokumen ini juga menjadi kerangka komunikasi sebuah brand secara internal maupun eksternal. Dokumen ini dapat menjadi panduan bagi setiap karyawan dalam melakukan kegiatan operasionalnya dari hari ke hari, hal itu karena melansir Appvizer , dokumen ini turut berperan untuk menjadi titik refrensi bagi stakeholder internal dan eksternal, selain itu juga dokumen ini berfungsi sebagai mesentralisasikan elemen branding, sehingga hal tersebut dapat membentuk brand value. Manfaat Brand Platform adalah Membuat brand membuat pesan yang jelas, membantu brand menjadi lebih menonjol dari competitor dikarenakan sebuah brand yang memiiki brand platform efektif dapat menarik konsumen lebih banyak. Hal ini karena brand akan memiliki sesuatu yang unik di mata audiens. Setelah itu membantu brand mencari cara baru untuk berkembang, memungkinkan komunikasi yang efektif antar staf.
Komponen dalam Brand Platform adalah membuat sebuah brand platform dapat menjadi Langkah awal membentuk brand yang sukses dan menarik di mata audiens, tentunya dokumen ini memiliki beberapa komponen penting yang tidak boleh di lewatkan. Berikut adalah beberapa komponen utama dari brand platform tentukan tujuan apa alasan dibentuknya sebuah brand, Target audiens, brand value, personality, unique proposition.
Inilah contoh kegiatan brand activation
By: Strategy Insight Public Relations (https://www.strategy.co.id/2020/04/13/pengertian-brand-activation-beserta-manfaatnya/)