Marketing

Oleh Avril Lakeishia

Marketing berasal dari kata market yang berarti pasar. Pasar adalah tempat melakukan transaksi jual beli antara produsen dan konsumen agar keduanya bisa saling menguntungkan. Produsen menerima pendapatan, sedangkan konsumen mendapatkan kebutuhan atau keinginan.

 

Marketing (pemasaran) adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk melakukan promosi dan penjualan suatu barang/jasa. Dalam melakukan suatu promosi, marketing juga membutuhkan yang namanya advertising atau periklanan, dan melalui iklan kita bisa memperluas pasar dan menarik semakin banyak audience.

 

Seringkali orang berpikir bahwa marketing itu tugasnya berjualan saja, memang itu benar dan tak dapat dipungkiri bahwa marketing akan selalu melekat dengan “jualan”, tetapi jika kita gali lebih dalam, makna yang dihasilkan oleh marketing jauh lebih dalam dari pada itu. Marketing memiliki konsep yang luas yang tidak hanya terpaku pada prinsip berjualan. Memberikan sebuah perasaan kepuasan terhadap pelanggan, menjaga kesetiaan para pelanggan juga, itu juga merupakan sedikit contoh dari sekian tugas seorang marketer.

 

Terciptanya sistem pemasaran merupakan proses dari pembentukan awal yang dimulai dari riset pasar, analisis pasar, dan menentukan target pasar yang sesuai. Kemudian barulah masuk ke dalam penentuan pengembangan produk, pendistribusian, penjualan, hingga periklanan, hal tersebut merupakan langkah dan proses dari marketing.

 

Marketing merupakan kunci sukses dari sebuah bisnis, jika diibaratkan bisnis itu adalah sebuah panggung, marketing akan tampil dari awal hingga akhir. Dampak yang dihasilkan oleh marketing juga sangat berpengaruh bagi keseluruhan bisnis, baik dalam jangka waktu yang pendek maupun panjang, contohnya seperti kedudukan nama bisnis tersebut. Marketing ada yang offline dan online, offline yaitu secara langsung (tatap muka) dan online secara tidak langsung (daring, internet).

 

4P Marketing – E Jerome McCarthy

  • Product

Membuka suatu bisnis pastinya kita ngelakuin banyak research tentang produk yang    akan kita jual dan siapakah target market dari produk yang akan kita jual, dengan    begitu tujuan bisnis jadi lebih jelas dan terarah.

  • Price

Menentukan harga yang sesuai dengan value dari produk itu penting, lho. Orang tidak akan mau membeli produk kita yang jauh dari harga pasar, pasti mereka mikir bahwa bisnis kita kerjaannya cuman cari untung. Kalau orang beli produk dari kita dengan harga yang terlalu rendah juga tidak baik, kerja keras kita jadi tidak terbayarkan sepatutnya. Lakukan analisis terhadap harga terlebih dahulu untuk mengetahui pricin range yang sesuai.

  • Place

Sekarang ini e-commerce sedang marak-maraknya akibat pandemic COVID-19, segala sesuatu jadi lebih dimudahkan dengan adanya e-commerce, namun ada beberapa pelanggan yang masih lebih nyaman dengan toko-toko retail. Faktor-faktor seperti ini juga harus kita pertimbangkan dalam melakukan pemasaran.

  • Promotion

Sosial media memudahkan tim marketing dalam melakukan aksinya. Semua informasi bisa kita dapatkan sejauh genggaman tangan. Semua promosi selain di social media masih tetap efektif digunakan asal lokasinya strategis dan target pasar sesuai.

 

Reference: https://www.investopedia.com/terms/m/marketing.asp

https://blog.hubspot.com/marketing/what-is-marketing