PEMILU 2024 : Suara Generasi Z

Image by: Pt.Arus Survei Indonesia
https://www.arussurvei.com/

Setiap lima tahun sekali, rakyat Indonesia diberi hak suara untuk menentukan arah politik negaranya melalui PEMILU.

Tahukah kalian, gen z menyumbang 22,85% atau 46.800.161 suara dalam pemilu 2024?. Generasi yang tumbuh dalam pesatnya informasi dan teknologi digital menunjukkan antusiasmenya melalui partisipasi aktif dalam pesta demokrasi ini.

Dengan bantuan teknologi media sosial mereka menjadikannya alat untuk mengakses informasi, berdiskusi dan saling mempengaruhi pandangan politik. Pemilu 2024 menjadi wadah gen z mengekspresikan kepedulian terhadap isu-isu sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan. Generasi Z memprioritaskan isu-isu yang langsung memengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Dari perubahan iklim hingga kesetaraan gender, dari kesenjangan pendidikan hingga kesehatan mental generasi ini memperjuangkan isu- isu dianggap penting bagi masa depan mereka.

Mereka tidak hanya aktif dalam kampanye politik di media sosial, tetapi juga terlibat secara langsung dalam proses politik, baik sebagai pemilih, kandidat dan anggota pelaksanaan acara pemilihan. Terlihat dari panjangnya antrian di tempat pemungutan suara penuh dengan Generasi ini.

Tertarik dengan konten viral memudahkan pemaparan informasi palsu atau hoax dari media sosial, sangat mempengaruhi dan membingungkan pandangan generasi ini. Namun, mereka menunjukkan literasi digital yang luarbiasa dengan memilah informasi yang benar atau salah, melakukan penelusuran fakta, dan memeriksa sumber sebelum mempercayai atau menyebarkan informasi politik.

Meskipun pemilu 2024 telah berlangsung dengan lancar dan penuh semangat, mucnul kekhawatiran yang dihadapi. Transparansi proses penghitungan suara, pengawasan potensi pelanggaran dan pemenuhan janji politik setelah pemilihan mejnadi beberapa diantaranya.

Mereka percaya bahwa keterlibatan aktif mereka, serta memilih pemimpin yang mewakili nilai-nilai mereka dapat menjadikan negara yang lebih adil dan maju. Pemilu 2024 bukan hanya kiasan politik, namun peristiwa yang mencerminkan kekuatan, pandangan, dan harapan Generasi Z terhadap masa depan Indonesia. Melalui suara mereka, Generasi Z memberikan kontribusi penting dalam mewujudkan demokrasi yang kuat dan adil. Generasi Z membuktikan bahwa mereka adalah kekuatan yang tak dapat diabaikan dalam perjalanan demokrasi Indonesia.

Refrensi:
– Nabilah Muhamad(2023). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial
https://databoks.katadata.co.id/
– EvitaN. (2023). GENERASI Z DALAM PEMILU: POLA BERMEDIA GENERASI Z DALAM PENCARIAN INFORMASI POLITIK. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia5(1), 47-66. https://doi.org/10.46874/tkp.v5i1.1051
-Cover Image by: Anugrah Dwian Andari (2023)

Simak Syarat dan Cara Daftar Panitia Pemilu 2024

Syahfitri Yenjelina