Marketing yang efektif dan efisien dalam dunia berbisnis

Oleh Katherina Ong Kah Leong

Sebelumnya, teman-teman pasti tahu bahwa dalam dunia berbisnis tentunya memerlukan marketing. Sebetulnya apa sih arti dari marketing? Marketing adalah suatu bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan suatu produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, marketing merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam berbisnis karena tujuannya adalah membantu suatu bisnis untuk mencapai target mereka dan tumbuh secara efisien. Tetapi nyatanya masih banyak bisnis yang jatuh ataupun mengalami kemunduran karena marketing yang kurang mendukung atau salah.

Ada 7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien yang dapat dilakukan dalam bisnis:

1. Kenali dan tentukan Calon Pelanggan
Dalam mengolah suatu bisnis, anda harus mengenali siapa calon pelanggan Anda. Caranya dengan memikirkan siapa yang cocok untuk produk anda, misal dari usia, gender, hobi, yang akan tertarik dengan produk yang dijual, ketika anda sudah tahu dari target konsumen yang akan membeli produk Anda, maka fokus pada calon pelanggan tersebut.
Dengan mengetahui calon pelanggan yang sesuai, suatu perusahaan atau bisnis tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga sehingga lebih terfokus dengan target sasarannya.

2. Memiliki Produk Berkualitas
Suatu bisnis harus memiliki produk atau layanan jasa yang berkualitas untuk membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli produk atau layanan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, dalam startegi ini, anda harus dapat membuat produk atau layanan jasa menjadi berkualitas. Contohnya dapat seperti, packaging yang menarik dan sesuai dengan produk yang dijual sehingga terlihat bagus dan memiliki kualitas.

3. Strategi Pemasaran Dengan Membuat Penawaran Menarik
Buat penawaran menarik. Penawaran menarik ini bisa dilakukan dengan banyak hal, misal dengan memberi diskon, melakukan bundling produk, atau promo “Buy One Get One Free”.

4. Memilih Lokasi Pemasaran yang Tepat
Banyak bisnis yang bagus tetapi gagal dalam memasarkan bisnis mereka karena lokasi bisnis yang dipilih tidak tepat. Tempat yang strategis akan sangat membantu suatu bisnis dalam melakukan penjualan, dikarenakan tingkat kesempatan untuk calon pelanggan dalam membeli produk lebih tinggi dibandingkan tempat yang sepi yang tidak dilewati banyak orang.

5. Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Tenaga Pelanggan
Jika bisnis sudah memiliki pelanggan tetap, anda bisa memanfaatkan tenaga pelanggan yang sudah loyal. Anda dapat menawarkan sistem bagi hasil untuk pelanggan yang mau menawarkan produk Anda pada konsumen lainnya. Jaringan pemasaran pelanggan ini akan dapat memberikan keuntungan tanpa harus mengeluarkan waktu dan biaya pemasaran sendiri. Hal yang dilakukan bagi suatu bisnis dalam melakukan strategi ini, menaearkan komisi saat pelanggan anda telah berhasil menjual produk, anda juga bisa membuat komunitas reseller bagis bisnis anda.

6. Strategi Pemasaran Media Online
Pada zaman sekarang ini, masyarakat sudah pasti punya gadget atau smartphone masing-masing. Pemasaran melalui media online sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya sehingga dapat membantu bisnis untuk berkembang secara efisien. Pemasaran melalui media online dapat berupa, iklan di website, marketplace atau beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Anda juga dapat mengunjungi marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, OLX, yang bisa digunakan secara gratis atau berbayar bila ingin menikmati fitur premium.

7. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Pelanggan Anda
Menjalin hubungan dengan pelanggan sangat penting dalam suatu bisnis. Dikarenakan jika suatay bisnis bisa mempertahankan pelanggan maka pelanggan tersebut dapat menjadi pelanggan tetap dan melakukan transaksi kembali. Untuk menerapkan strategi ini, anda bisa menanggapi dan menjadikan feedback-feedback yang mereka berikan untuk menjadi bahan evaluasi bagi bisnis anda agar menjadi lebih baik dan berkembang. Anda bisa meminta testimon tentang produk anda kepada mereka dan memberikan semacam reward diskon belanja kepada mereka.
Dengan melakukan hal-hal tersebut, pelanggan akan merasa dihargai dan menjadi bagian penting dalam perusahaan. Hal ini juga akan membuat citra yang baik dimata pelanggan sehingga nantinya mereka tidak menutup kemungkinan dan dengan senang hati mempromosikan dan menawarkan produk anda ke orang-orang disekitar mereka, yang dimana hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi suatu bisnis.