Berwisata ke Wilayah Nusantara Lewat Virtual Tour

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak keindahan alam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia tidak hanya memiliki pantai-pantai indah, tapi juga pegunungan, gugusan terumbu karang, hutan hujan, hingga padang rumput. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi.

Adanya pandemi Covid-19 ini sejak Maret 2020 tentu membuat aktivitas pariwisata terganggu. Wisatawan yang ingin berlibur terpaksa menunda rencananya demi keselamatan bersama. Namun, keterbatasan ruang gerak itu bisa sedikit diatasi dengan kegiatan virtual tour atau wisata virtual. Lewat virtual tour, wisatawan tetap bisa menjelajahi berbagai tempat menarik tanpa perlu meninggalkan rumah. Cukup berbekal gadget dan koneksi internet, wisatawan sudah bisa mengunjungi obyek wisata.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama platform wisata Traval.co  telah menginisiasi aktivitas virtual tour bertajuk Traval Live: Virtual Indonesia. Kehadiran kegiatan Virtual Indonesia ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengobati rasa kangen berlibur di destinasi domestik. Selain itu, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang kondisi pariwisata di berbagai daerah kepada masyarakat. Selain platform tersebut, hingga saat ini juga sudah banyak platform-platform lainnya yang menginisiasikan virtual tour ini lho Immers, keren bukan?

Lewat Virtual Indonesia, peserta tour akan diajak mengenal lokasi-lokasi wisata terbaik #DiIndonesiaAja dengan cara berbeda dari biasanya. Setiap tour juga akan melibatkan komunitas pariwisata lokal yang berperan sebagai pemandu.  Adapun destinasi wisata tersebut antara lain adalah Taman Nasional Gunung Rinjani, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Tanjung Puting, Kaldera Toba, Desa Sauwandarek Raja Ampat, Wisata Hiu Paus Botubarani di Gorontalo, Taman Nasional Bali Barat, dan Candi Borobudur, dan masih banyak lagi.

Untuk Immers yang mau ikutan virtual tour mudah lho! Berikut beberapa rekomendasi website yang bisa kalian kunjungi selain Traval.com untuk mendaftar virtual tour dengan destinasi wisata Nusantara

  1. Digitiket.com
  2. Traveloka.com

Yuk daftarkan dirimu di virtual tour untuk mendukung pariwisata di Indonesia ^^

Referensi :

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Obati Rindu Wisatawan, Kemenparekraf dan Traval.co Gelar Wisata Virtual Keliling 8 Destinasi Top Indonesia”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/11/06/164800427/obati-rindu-wisatawan-kemenparekraf-dan-traval.co-gelar-wisata-virtual.
Penulis : Anissa Dea Widiarini
Editor : Agung Dwi E