Lima Destinasi Wisata untuk Solo Traveling di Indonesia

Ternyata Solo Traveling juga dapat menyenangkan loh! Selain bisa mengeksplor dan belajar budaya baru, Solo Traveling juga bisa membantu untuk melepas stress dan mengenal diri sendiri lebih baik. 

Meski demikian, kamu nggak boleh melakukannya dengan asal, ya! Kamu perlu persiapan yang matang, apalagi untuk perempuan. Kamu harus memastikan  tujuan liburan agar kamu bisa membuat itinerary yang efektif. Nah, buat kamu yang ingin mencoba melakukan solo traveling, tujuh destinasi wisata di Indonesia berikut ini bisa banget masuk ke dalam bucket list!

1.Bali

Bali memang selalu menjadi pilihan destinasi wisata bagi siapapun. Mulai dari bangunannya, budayanya, tempat wisatanya, hingga kulinernya. Di Bali juga banyak hidden gems anti-mainstream yang bisa membuat perjalanan solo mu makin asyik. Mulai dari Pantai Melasti, Pantai Gunung Payung, Air Terjun Blemantung, hingga restoran Instagenic seperti FLOOK, Milk and Madu, dan masih banyak lagi.

2.Yogyakarta

Destinasi kedua yang wajib dikunjungi para solo traveler adalah Yogyakarta. Di Kota Gudeg ini, kamu akan menemukan tujuan wisata yang lengkap dan menarik. Selama di Jogja, kamu bisa menjelajah sambil menikmati suasana malam di Malioboro, menyantap gudeg legendaris di di sana, berbelanja murah di Pasar Beringharjo, foto-foto di Candi Ratu Boko, dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya.

3.Labuan Bajo

Buat kamu penggemar pantai, kamu bisa mencoba pergi ke Indonesia Bagian Timur, Labuan Bajo. Pulau ini dikenal sebagai Pulau seribu senyum, karena penduduk di sini baik, ramah, dan terbuka dengan pendatang. Jadi, kamu nggak perlu terlalu khawatir alias aman saat bepergian seorang diri. Selain itu, biasanya untuk berlibur disini akan ada banyak travel agent yang siap membantu mengatur perjalanan kamu, nantinya kamu juga bisa berkenalan dengan orang-orang yang pergi satu travel dengan kamu. 

4.Belitung

Para solo traveler yang mencari wisata pantai selain Bali tapi dengan harga yang masih terjangkau, bisa banget nih ke Belitung. Disini, meski seorang diri, kamu bisa traveling secara aman dan nyaman. Ditambah lagi, kulinernya juga enak-enak, loh. Selama di sini, kamu bisa menyusuri tempat wisata eksotis seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, dan Danau Kaolin. Kamu juga bisa island hopping mulai dari Pulau Burung, Pulau Lengkuas, hingga Pulau Kelayang. 

5.Bandung

Bandung bisa jadi alternatif untuk Solo Traveling yang bisa ditempuh dengan mobil apabila kamu tinggal di Jakarta atau Bogor. Nggak cuma asyik sebagai tempat liburan bersama keluarga dan pasangan, kota ini juga seru untuk dijelajahi seorang diri. Populer dengan tempat wisata kekinian dan cafe-cafe hits yang jaraknya cukup berdekatan, selama di Bandung, kamu bisa menjelajah di sekitar Dago dan Braga yang punya banyak cafe dan restoran kekinian untuk kamu jelajah. Selain itu, untuk kamu yang ingin menghirup udara segar nan sejuk, bisa naik ke atas ke daerah Lembang.