Tradisi Menjadi Olahraga Unik Khas Budaya Indonesia

Indonesia negara yang unik dan kaya akan keberagaman suku, ras, agama, dan budaya 

-Pencak Silat

Kalian pasti tau dong olahraga beladiri? Terdapat berbagai jenis olahraga beladiri yang umum kita ketahui seperti Taekwondo, Karate, dan Kung fu. Nah, Indonesia sendiri memiliki olahraga tradisional beladiri yaitu Pencak Silat. Pencak Silat merupakan olahraga dengan teknik-teknik dasar yang memanfaatkan tangan, kaki, tumit, siku, jari-jari serta kepala kita yang sudah ada sejak abad VII zaman kerajaan Sriwijaya.

Pencak Silat telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2019 silam. Pencak Silat menjadi cabang olahraga yang mendunia, dimana Pencak Silat sendiri menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games dan ASEAN Games

-Karapan Sapi

Karapan Sapi merupakan tradisi yang berasal dari Madura yang diduga telah ada sejak abad ke-14. Karapan Sapi sendiri menjadi olahraga unik yang memperlombakan kecepatan sapi di arena balapan. Dalam Karapan Sapi, sapi yang akan diadu kecepatannya di arena balap akan dikendarai oleh joki yang berdiri di kereta kayu atau kaleles yang diletakkan diantara kedua sapi. Perlombaan Karapan Sapi terdiri dari memiliki berbagai macam tingkat mulai dari Tingkat Desa, Tingkat Kecamatan (Kerapan Kecil) , Tingkat Kabupaten (Kerapan Besar dan Kerapan Undangan), hingga Piala Presiden (Kerapan Tingkat Keresidenan.)

-Lompat Batu

Lompat batu merupakan atraksi melompati batu dengan tinggi 2,2 meter yang menjadi tradisi dan suatu objek wisata unik di Nias, Sumatera Utara. Tradisi ini dilakukan oleh para pemuda di Nias untuk menguji kekuatan fisik yang menggambarkan bahwa mereka telah menjadi lelaki dewasa yang mampu menjadi pembela desa dan siap untuk menikah. Untuk dapat melakukan tradisi lompat batu ini perlu adanya latihan dan teknik yang tepat sehingga dapat mendarat dengan tepat dan terhindar dari cedera. 

-Pacu Jalur

Pacu Jalur merupakan olahraga mendayung di sungai yang berasal dari Riau. Dalam Pacu Jalur terdapat sebanyak 50 sampai 60 orang dalam perahu yang memiliki panjang 24 hingga 40 meter dan terbuat dari kayu pohon. Pacu Jalur dijadikan sebagai perlombaan yang diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan di Sungai Batang. Perlombaan ini menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun internasional dan hiburan bagi masyarakat sekitar.