Trend Pemasaran di Tahun 2016

Ilmu pemasaran adalah salah satu cabang ilmu yang dinamis, dimana selalu ada perubahan pada setiap masanya. Termasuk juga pada tahun 2016 ini, terdapat beberapa perubahan tren pemasaran yang harus disadari oleh setiap marketers dalam menentukan strategi pemasarannya. Berikut adalah beberapa perubahannya:

  1. Fokus Pada Hubungan Pemasaran yang Lebih Luas

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) resmi diberlakukan pada awal tahun 2016 di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Hal ini harus disadari oleh markerters sebagai peluang untuk memperluas pasar di pasar Asia Tenggara.

Selain itu, pertumbuhan pasar seiring juga dengan kenaikan kuantitas jual beli online yang meningkat di tahun 2016. Kenaikan kuantitas jual beli online ini juga diikuti oleh intensitas pemberian saran dan testimonial oleh konsumen semakin meningkat sehingga konsumen lebih pintar dalam membedakan pengalaman mana yang baik dan yang buruk.

 

  1. Penggunaan Marketing Perangkat Mobile

Pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2016, diprediksi akan mendekati angka 70 juta pengguna dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Dengan data tersebut, marketers sebaiknya memaksimalkan website yang mereka miliki dengan ikut meluncurkan mobile version dari website yang mereka miliki untuk mempermudah pelanggan mencari informasi tentang produk yang kita miliki.

 

  1. Pemakaian Pemasaran Konten yang Lebih Kompleks

Teknik pemasaran konten memang bukan hal yang baru, jika pada tahun sebelumnya teknik ini banyak diterapkan dengan penggunaan hanya membuat konten di website, blog atau media social. Maka ditahun 2016 marketers sebaiknya terus mengembangkan kontennya dengan menggunakan gambar dan video untuk menarik lebih banyak konsumen.

 

  1. Iklan yang Berfokus Pada Target Pasar

Pada tahun 2016, sebaiknya target pasar telah ditentukan dengan lebih spesifik. Sehingga perusahaan dapat membuat iklan yang sesuai dengan target pasar yang dituju. Terutama algoritma yang digunakan social media saat ini cendrung memudahkan iklan tersebut disaksikan oleh calon konsumen yang dituju.

 

Berikut beberapa perubahan yang terjadi didunia pemasaran yang terjadi pada tahun 2016. Semoga dapat menambah pengetahuan imers tentang dunia marketing.

 

Sumber: https://www.maxmanroe.com/4-tren-pemasaran-yang-diprediksi-akan-berubah-di-tahun-2016.html

Oleh: Praditta Syifa Desvi dan Yulia Sarah