Mengenal Bali, Wisata di Nusantara yang Paling Populer

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia dan paling barat dari Kepulauan Sunda Kecil. Di sebelah timur Jawa dan sebelah barat Lombok, provinsi ini meliputi pulau Bali dan beberapa pulau tetangga yang lebih kecil, terutama Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Ibukota provinsi, Denpasar, adalah kota terpadat di Kepulauan Sunda Kecil dan terbesar kedua, setelah Makassar, di Indonesia Timur. Kota dataran tinggi Ubud dianggap sebagai pusat budaya Bali. Provinsi ini merupakan tujuan wisata utama Indonesia, dengan peningkatan pariwisata yang signifikan sejak tahun 1980-an. Bisnis terkait pariwisata membentuk 80% dari ekonominya.

Bali adalah satu-satunya provinsi berpenduduk mayoritas Hindu di Indonesia yang berpenduduk mayoritas Muslim, dengan 86,9% penduduknya menganut agama Hindu Bali. Bali terkenal dengan seni yang sangat berkembang, termasuk tari tradisional dan modern, patung, lukisan, kulit, pengerjaan logam, dan musik. . Festival Film Internasional Indonesia diadakan setiap tahun di Bali. Acara internasional lainnya yang diadakan di Bali antara lain Miss World 2013 dan 2018 Annual Meetings International Monetary Fund and the World Bank Group. Pada Maret 2017, TripAdvisor menobatkan Bali sebagai destinasi teratas dunia dalam penghargaan Traveller’s Choice, yang juga diraih pada Januari 2021.

Bali merupakan bagian dari Segitiga Terumbu Karang, kawasan dengan keanekaragaman hayati spesies laut tertinggi, terutama ikan dan penyu. Di kawasan ini saja, lebih dari 500 spesies karang pembentuk terumbu dapat ditemukan. Sebagai perbandingan, ini sekitar tujuh kali lebih banyak di seluruh Karibia. Bali adalah rumah dari sistem irigasi Subak, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini juga merupakan rumah bagi konfederasi kerajaan yang bersatu yang terdiri dari 10 rumah kerajaan tradisional Bali, masing-masing rumah memerintah wilayah geografis tertentu. Konfederasi adalah penerus Kerajaan Bali. Rumah-rumah kerajaan tidak diakui oleh pemerintah Indonesia; Namun, mereka berasal sebelum penjajahan Belanda.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bali