Strategi Pemasaran Abad 21

Bagi sebagian bisnis (ukm), aktivitas marketing hari ini cukup semrawut. Indikasi sederhananya terlihat dari grup whatsapp keluarga, kuliah, hingga grup kantor yang penuh dengan jualan. Memang di era digital ini kita bisa dengan mudah mengetahui bahkan menyebarkan informasi dengan berbagai bentuk, namun apakah itu juga cara marketing yang kita inginkan?

 Hadirnya ide Revolusi Industri 5.0 dengan ide utama human-centered society juga bisa memberikan nilai tambah dunia pemasaran. Dapat kita lihat model marketing yang sukses hari ini bukan sekedar transfer informasi tapi juga yang dapat mengantarkan nilai tambah bagi para audience nya.

 Dari semua kompleksitas diatas, kita tak boleh lupa bahwa pada akhirnya tujuan dari marketing adalah bagaimana meningkatkan sales dan closing, kan? Oleh karenanya kita membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang dapat menjawab semua permasalahan di atas. Berikut kami rangkum 5 strategi marketing esensial secara lengkap, detil, dan tentunya applicable untuk diterapkan sekalipun pada bisnis skala ukm.

 

Content Marketing

Welcome to an Era of Content Abundance. Ya, konten sudah dimana-mana dan semua orang melakukannya, jadi saran saya: lakukan yang terbaik atau tinggalkan sama sekali. Buatlah konten yang menarik dan sesuai dengan karakter audience yang kamu miliki. Konten tidak harus berisi pengetahuan atau tulisan artikel, kamu bisa juga variasikan dengan infografis, video, live webinar, diskon harga dan semacamnya. Berikut tahapan dalam melakukan konten marketing yang baik.

 

  Identifikasi goals utama dan siapa target audience nya

  Buat kalender perencanaan konten selama setahun

  Berikan konten pada tim pelaksana

  Review setiap konten yang akan diterbitkan

  Buat gambar / gratfis yang relevan

  Tentukan pesan / caption di social media

  Publikasikan konten yang berkualitas

  Distribusikan konten menggunakan situs social sharing

  Respon komentar dari pembaca

 Email Marketing

Seberapa sering Anda membuka email promosi dari sebuah perusahaan caca marica? Pastinya sangat jarang. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan email marketing, pastikan kembali isi email yang Anda kirim memang sesuai dengan kebutuhan target market Anda. Semakin spesifik semakin bagus hasil yang akan kamu dapatkan. Berikut tahapan ringkas dalam memulai email marketing.

 

  Buat rencana dan tentukan goals

  Buat desain serta layout sesuai dengan karakter brand

  Tulis copywriting email yang menarik

  Pelajari dan manfaatkan tool email marketing otomatis

  Test dan evaluasi email yang akan dikirim

  Buat jadwal pengiriman email

  Analisa hasil untuk improvement ke depan

 

Social Media Marketing

Dibandingkan kedua metode marketing sebelumnya, bisa jadi pemasaran melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook terlihat lebih mudah. Pada kenyataannya, memasarkan produk atau jasa kita di sosial media punya tantangan lebih: persaingan yang sangat ketat. Ya, siapapun bisa posting di sosial media, oleh karenanya mendapatkan perhatian adalah tantangan sulit berikutnya (attention scarcity). Ingin sukses di social media marketing, ikut tahapan singkat berikut ini.

 

  Buat konten beserta jadwal postingnya

  Perhatikan dan pelajari jenis konten yang sedang tren

  Kurasi konten dari akun eksternal / kompetitor

  Pantau komentar dan buat interaksi yang positif

  Jika memungkinkan

 

Influencer & Media Buying

Jika dulu kita mengenal artis, maka sekarang profesi ini sudah beralih tren yang biasa kita sebut influencer. Perbedaan antar keduanya ada pada nilai tambah, dimana seorang influencer dituntut untuk seara kreatif menciptakan konten dibanding hanya mengikuti perintah seorang sutradara seperti artis pada umumnya. Cara lain agar brand kita dikenal secara luas dalam waktu singkat adalah dengan mempublikasikan brand lewat media masa yang sudah dikenal luas. Tidak hanya bisnis, tokoh politik saat ini pun sepertinya sudah lebih ahli masalah ini, ups.

 

  Teliti secara mendalam influencer yang akan digunakan

  Tetapkan goals dari kampanye yang akan dipublikasikan

  Tetapkan siapa target audience dan cocokan dengan profil influencer

  Rumuskan pesan utama yang hendak kamu sampaikan

  Lakukan tindak lanjut sesuai target yang ditetapkan

  Tinjau kembali hasil yang ada dan tetapkan goals yang baru

 

Sumber: https://karinov.co.id/strategi-pemasaran/