Menguak 4 Rahasia Strategi Marketing di Tengah Lesunya Perekonomian

Situasi pandemi yang tidak kunjung selesai membuat kondisi ekonomi semakin lesu sehingga menuntut setiap orang untuk lebih selektif dalam berbelanja. Hal ini pun juga berdampak pada perubahan kebiasaan berbelanja di rumah tangga Indonesia. 

Pertama, dibandingkan sebelumnya, saat ini customer jauh lebih berhati-hati dalam berbelanja. Berdasarkan data Kantar Worldpanel, kategori yang dibeli tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, rata-rata orang berbelanja sekitar 48 kategori, sedangkan tahun ini mereka berbelanja hanya sekitar 46 kategori saja. Kedua, pelanggan hanya berbelanja jikalau ada promo. Seperti halnya dengan tren di Asia, konsumen cenderung lebih tertarik dengan tawaran produk yang disertai berbagai promosi. Menurut hasil riset di modern trade, jumlah pembelanjaan pada saat promosi mencapai sekitar 17% dari jumlah pembelanjaan dalam setahun. Dan pertumbuhannya meningkat sebesar 30% dibandingkan dengan tahun 2013. Ketiga, perubahan kebiasaan belanja dengan membeli packsize yang lebih besar telah terlihat dari tahun sebelumnya. Tetapi trennya terlihat menurun. 

Berikut 4 strategi pemasaran yang bisa kita terapkan di tengah ekonomi sulit:

Inovasi

Agar dapat tetap terus bersaing di kompetisi pasar, kita memerlukan strategi dengan menawarkan inovasi kepada pelanggan, seperti inovasi dari segi rasa, fungsi, kemasan, ukuran atau hal lainnya. Tidak hanya inovatif saja, namun harus proaktif dalam memberikan offer kepada customer.

Dekat dengan pelanggan

Sebagai seorang marketer, kita harus selalu berusaha untuk lebih dekat dengan pelanggan, mengerti siapa pelanggan dan targetnya, apa yang dicari oleh pelanggan, dan bagaimana perubahan kebiasaan pelanggan di dalam merespon situasi ekonomi yang sulit.

Brand equity

Tidak hanya “harga” yang menjadi faktor, tetapi brand equity juga mempunyai peranan yang penting di dalam merekrut calon pembeli. Maka dari itu, penting agar terus melakukan perekrutan calon pemberi dan membuat strategi branding yang bisa dipertimbangkan pembeli.

Selalu berpikir positif

Setiap orang harus selalu positif di dalam menghadapi situasi dan keadaan yang sulit, dengan mental yang positif akan membantu kita untuk lebih fokus terhadap tujuan yang jangka panjang.