Rules and Regulation Marketing Competition – Tahap 1

Marketing Plan Competition

  • Ketentuan Umum
  1. Kompetisi terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif di Universitas di Indonesia.
  2. Peserta akan berkompetisi dalam tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang yang berasal dari universitas yang sama.
  3. Setiap universitas boleh mengirimkan lebih dari satu tim.
  4. Tanggal pendaftaran dan pengumpulan berkas pada 24 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  5. Seluruh data yang di submit harus sesuai dengan identitas yang didaftarkan pada saat pendaftaran.
  6. Isi dari Marketing Plan Competition yang disubmit merupakan belum pernah diikut sertakan pada lomba sejenis sebelumnya.
  7. Setiap anggota tim yang telah didaftarkan bersifat tetap dan tidak boleh digantikan dengan alasan apapun.
  8. Tim yang sudah mendaftar akan mendapatkan email dari panitia IMCB DAY 2016.
  • Mekanisme Administrasi dan Pembayaran
  1. Setiap tim mengisi formulir pendaftaran secara lengkap pada link bit.ly/imcbday-marketingcompetition
  2. Setiap tim yang telah mengisi formulir pendaftaran akan mendapatkan email konfirmasi dari panitia IMCB Day 2016 (imcbday.competition@gmail.com) untuk informasi kelengkapan berkas dan sistem pembayaran.
  3. Setiap tim diwajibkan melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,00 (early bird registration) atau Rp 400.000,00 (normal price) Ke Rekening BCA a/n Siska dengan nomor rekening 8070502209 dan keterangan Marketing Plan (spasi) nama TIM. Periode pendaftaran dan pembayaran adalah 24 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  4. Setelah melakukan pembayaran, diharapkan konfirmasi ke

Vinnie : 081280195088 dengan format atas nama rekening dan nama tim.

  • Ketentuan Paper Seleksi Tahap I
  1. Setiap tim peserta paper seleksi tahap 1 terdiri dari 3 anggota.
  2. Setiap tim memilih peserta 1 orang sebagai ketua tim dan memiliki nama tim yang tidak menunjukkan identitas lembaga/universitas yang diwakilinya.
  3. Case Marketing Plan I akan dikirimkan dalam bentuk pdf oleh panitia melalui email pada tanggal 16 September 2016 pada pukul 12.00 WIB
  4. Paper Marketing Plan dibuat maksimal 10 halaman belum termasuk cover, daftar isi, daftar pustaka dan lampiran dalam format PDF.
  5. Format Paper Marketing Plan
  • Ukuran Kertas : A4
  • Font Isi : 11 pt
  • Spasi : 1,5
  • Margin Atas : 3,75 cm
  • Margin Bawah : 2,5 cm
  • Margin Kanan : 2,5 cm
  • Margin Kiri : 2,5 cm
  • Format : Justify
  1. Paper Marketing Plan dikirimkan dengan format file :

MPC_(Nama Tim).pdf

Contoh : MPC_Tim Success.pdf

  1. Paper Marketing Plan dikumpulkan dalam bentuk softcopy melalui email ke imcbday.competition@gmail.com dengan subject Marketing Plan Competition_Nama TIM.
  2. Batas pengiriman Paper Marketing Plan adalah pada 25 September 2016 sampai pukul 23.59 WIB. Keterlambatan pengiriman email tidak akan masuk dalam proses seleksi.
  3. Tim yang lolos seleksi tahap 1 akan diberikan pengumuman melalui email ketua tim dan website IMCBDay (bit.ly/IMCBDAY2016)
  4. Kriteria Penilian:
  • Detail Pembahasan Paper Marketing Plan (35%)
  • Kesesuaian Implementasi Teori (25%)
  • Kreativitas dan Realistis (25%)
  • Sistematika Penyajian (15%)
  1. Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

*10 TIM Semifinalis yang berhasil lolos pada tahap 1 akan diundang ke BINUS University, Jakarta untuk mengikuti tahap selanjutnya pada tanggal 6 Oktober – 8 Oktober 2016.

Marketing Debate Competition

  • Ketentuan Umum
  1. Kompetisi terbuka bagi seluruh mahasiswa aktif di Universitas di Indonesia.
  2. Peserta akan berkompetisi dalam tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang yang berasal dari universitas yang sama.
  3. Setiap universitas boleh mengirimkan lebih dari satu tim.
  4. Tanggal pendaftaran dan pengumpulan berkas pada 24 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  5. Seluruh data yang di submit harus sesuai dengan identitas yang didaftarkan pada saat pendaftaran.
  6. Setiap anggota tim yang telah didaftarkan bersifat tetap dan tidak boleh digantikan dengan alasan apapun.
  7. Tim yang sudah mendaftar akan mendapatkan email dari panitia IMCB DAY 2016.
  • Mekanisme Administrasi dan Pembayaran
  1. Setiap tim mengisi formulir pendaftaran secara lengkap pada link bit.ly/imcbday-marketingcompetition
  2. Setiap tim yang telah mengisi formulir pendaftaran akan mendapatkan email konfirmasi dari panitia IMCB Day 2016 (imcbday.competition@gmail.com) untuk informasi kelengkapan berkas dan sistem pembayaran.
  3. Setiap tim diwajibkan melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,00 (early bird registration) atau Rp 400.000,00 (normal price) Ke Rekening BCA a/n Siska dengan nomor rekening 8070502209 dan keterangan Marketing Plan (spasi) nama TIM. Periode pendaftaran dan pembayaran adalah 24 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  4. Setelah melakukan pembayaran, diharapkan konfirmasi ke

Clarissa : 085693150569 dengan format atas nama rekening dan nama tim.

  • Mekanisme Debate
  1. Marketing Debate Competition (MDC) menggunakan sistem Asian Parliamentary, dengan diikuti oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga pembicara.
  2. Mosi akan diberikan 30 menit sebelum pertandingan debat (waktu diberikan untuk case building).
  3. Dalam waktu 30 menit, selama case building berlangsung, perangkat elektronik seperti leptop dan smartphone tidak diperkenankan. Bahan materi yang diperbolehkan hanya beberapa buku, surat kabar, catatan, dan media tulis lainnya. Materi yang telah dipersiapkan tidak dapat dibawa saat pertandingan debat.
  4. Pendamping tim/coach dilarang untuk membantu tim dalam bentuk apapun selama proses case building. Tim tidak disarankan untuk meninggalkan ruangan case building selama case building berlangsung.
  5. Tim harus tiba diruang pertandingan 5 menit sebelum debat dimulai. Tim yang terlambat tidak mendapat tambahan waktu persiapan diluar waktu persiapan.
  6. Dalam sebuah pertandingan debat, terdiri dari 2 tim, yaitu tim Affirmative dan Negative. Kedua tim ini berlawanan dalam hal :
  • Kelompok Affirmative (Pro) mempertahankan mosi yang diberikan.
    • Prime Minister (First Speaker of Affirmative)
    • Deputy Minister (Second Speaker of Affirmative)
    • Goverment Whip (Third Speaker of Affirmative)
    • Goverment Reply
  • Kelompok Negative (Kontra) menyanggah mosi yang diberikan.
    • Leader of Opposition (First Speaker of Negative)
    • Deputy Leader of Opposition (Second Speaker of Negative)
    • Opposition Whip (Third Speaker of Negative)
    • Opposition Reply
  1. Para pembicara akan berbicara dengan urutan sebagai berikut :
  • Prime Minister (First Speaker of Affirmative)
  • Leader of Opposition (First Speaker of Negative)
  • Deputy Minister (Second Speaker of Affirmative)
  • Deputy Leader of Opposition (Second Speaker of Negative)
  • Goverment Whip (Third Speaker of Affirmative)
  • Opposition Whip (Third Speaker of Negative)
  • Goverment Reply
  • Opposition Reply
  1. Setiap pembicara diberikan waktu 6 menit dengan waktu tambahan 20 detik untuk menyampaikan argumen yang bersifat konstruksif dengan ketentuan berupa :
  2. Setelah 1 menit, time keeper akan membunyikan bel sebanyak satu kali untuk menginformasikan POI yang akan ditawarkan.
  3. Setelah 5 menit, time keeper akan membunyikan bel sebanyak satu kali untuk menginformasikan POI yang tidak bisa ditawarkan lagi.
  4. Setelah 6 menit, time keeper akan membunyikan bel sebanyak dua kali.
  5. Setelah 6 menit 20 detik, time keeper akan membunyikan bel terus menerus untuk menunjukkan bahwa waktu berbicara telah habis.
  6. Salah satu dari pembicara pertama atau kedua dari setiap sisi (Goverment Reply dan Opposition Reply) diberikan waktu 3 menit 20 detik untuk menyampaikan kesimpulan terakhir kepada ajudikasi mengenai mengapa tim tersebut layak untuk memenangkan perdebatan.
  7. Setelah 1 menit, time keeper akan membunyikan bel sebanyak satu kali.
  8. Setelah 3 menit, time keeper akan membunyikan bel sebanyak dua kali.
  9. Setelah 3 menit 20 detik, time keeper akan membunyikan bel terus menerus untuk menunjukkan bahwa waktu berbicara telah habis.
  1. Perdebatan akan dinilai oleh juri dengan kriteria sebagai berikut :
  • Matter(40)    – mengenai substansi debat, argument dan bukti-bukti yang disajikan, penalaran logis, dan penyampaian argument.
  • Manner(40) – gaya penyampaian pidato, keahlian persuasi, dan tindakan peserta
  • Method(20) – respon yang dinamik dari debat dan kesesuaian dari prinsip-prinsip debat.
  1. Keputusan dewa juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

*TIM yang berhasil lolos pada tahap 1 akan melanjutkan tahap semifinal pada tanggal 7 Oktober – 8 Oktober 2016 di BINUS University.

1 Minute Pitching

  • Ketentuan Umum
  1. Kompetisi dibuka bagi seluruh mahasiswa aktif di Universitas di Indonesia
  2. Peserta akan berkompetisi dalam tim, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang yang berasal dari universitas yang sama.
  3. Setiap universitas boleh mengirimkan lebih dari satu tim.
  4. Tanggal pendaftaran dan pengumpulan berkas pada 124 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  5. Seluruh data yang di submit harus sesuai dengan identitas yang didaftarkan pada saat pendaftaran.
  6. Isi dari Pitching yang di submit merupakan belum pernah diikut sertakan pada lomba sejenis sebelumnya.
  7. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan email dari panitia IMCB DAY 2016.
  • Mekanisme Administrasi dan Pembayaran
  1. Setiap tim mengisi formulir pendaftaran secara lengkap pada link bit.ly/imcbday-marketingcompetition
  2. Setiap tim yang telah mengisi formulir pendaftaran akan mendapatkan email konfirmasi dari panitia IMCB Day 2016 (imcbday.competition@gmail.com) untuk informasi kelengkapan berkas dan sistem pembayaran.
  3. Setiap tim diwajibkan melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp250.000,00 (early bird registration) atau Rp 400.000,00 (normal price) Ke Rekening BCA a/n Siska dengan nomor rekening 8070502209 dan keterangan Marketing Plan (spasi) nama TIM. Periode pendaftaran dan pembayaran adalah 24 Agustus  2016 sampai 15 September 2016.
  4. Setelah melakukan pembayaran, diharapkan konfirmasi ke

Clarissa : 085693150569 dengan format atas nama rekening dan nama tim.

  • Ketentuan Pengumpulan Pitching
  1. Durasi pitching 1 (Satu) menit.
  2. Peserta mempresentasikan pitching tanpa naskah.
  3. Isi dari pitching merupakan yang belum pernah digunakan dalam lomba pitching manapun sebelumnya. Apabila peserta menggunakan naskah yang sudah ada dan hasil plagiarisme maka peserta akan dikenakan sanksi.
  4. Peserta mengumpulkan pitching dalam bentuk video ke imcbday.competition@gmail.com dengan subject 1 Minute Pitching_Nama TIM dan posting di Youtube dengan batas akhir pengumpulan berkas pada 22 September 2016 pukul 23.59 WIB.
  5. Kriteria Penilaian

Seleksi Semi Final akan dilihat berdasarkan :

  • Konten dan kreativitas (60%)
  • Like dan ViewYoutube account (40%)
  1. Berkas pitching dikumpulkan dengan format :

1 Minute Pitching IMCB DAY_Nama TIM

Contoh : 1 Minute Pitching IMCB DAY_Tim Success

  1. Keputusan dewan juri dan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

*10 TIM Semifinalis yang berhasil lolos pada tahap 1 akan diundang ke BINUS University, Jakarta untuk mengikuti tahap 2 pada tanggal 7 Oktober 2016.

*5 TIM yang berhasil lolos pada tahap 2 akan melanjutkan tahap semifinal pada tanggal 8 Oktober 2016 di BINUS University.