Vaksinasi Covid-19 di Indonesia : Apakah Mahasiswa Akan Menerima Vaksin?

Otoritas kesehatan Indonesia telah memberikan sekitar 2,6 juta dosis vaksin virus corona sejak kampanye vaksinasi massal dimulai pada 13 Januari 2021. Kurang lebih 1,6 juta warga telah menerima vaksin, dengan sekitar 1 juta sudah mendapatkan suntikan ganda dari vaksin yang diproduksi bersama oleh perusahaan farmasi milik negara Bio Farma dan Sinovac Biotech China.

Indonesia saat ini sedang dalam tahap kedua vaksinasi setelah sebagian besar pekerja medis terdaftar menerima vaksin pada tahap pertama. Lalu, pada tahap kedua sasaran vaksinasi Covid-19 akan diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti TNI, POLRI, Aparat Hukum, Pelaku Pendidikan dan lainnya. Tahap ke 3 akan diberikan kepada masyarakat yang rentan dari aspek ekonomi, sosial serta geospasial.Tahap ke 4 akan diberikan kepada masyarakat umum sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Lalu kapan mahasiswa akan di vaksin?

Untuk saat ini mahasiswa belum menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua yaitu pada lingkup pendidikan, mahasiswa akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 bersama dengan masyarakat umum yaitu Tahap ke 3 atau ke 4. Ini yang telah dijelaskan oleh Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Walaupun mahasiswa belum masuk ke dalam kategori vaksinasi pada lingkup pendidikan, namun pembelajaran tatap muka (PTM) pada seluruh mahasiswa sudah mulai direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Keberdayaan. PTM akan dilaksanakan mahasiswa setelah mendapatkan vaksinasi di tahap 3 & 4, jadi sebelum menerima vaksin mahasiswa harus tetap di rumah dengan pembelajaran online kecuali untuk mahasiswa semester akhir yang sedang menjalankan praktik dan tugas akhir.