TIPS WAWANCARA KERJA

Waktu berjalan begitu cepat. Hingga tidak terasa kalua kamu sudah memasuki semester akhir di perkuliahan. Itu artinya kamu akan segera memasuki dunia kerja yang sesungguhnya loh! Dari mencari lowongan pekerjaan mana yang tepat, mempersiapkan bisnis yang akan dijalani atau meneruskan usaha keluarga semua dilakukan demi mencapai tujuan kita Namun bagi kalian yang akan memilih karir di dunia kerja, banyak pula yang harus disiapkan, salah satunya adalah wawancara kerja. Bagaimana sih tips wawancara kerja yang baik dan benar?

Perlihatkan Kalau Kamu Memiliki Percaya Diri yang Tinggi

Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan, semkan PD maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas yang diberikan, dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang mana inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki ‘self confidence’ yang baik sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang ia hadapi.

Ceritakan Kemampuanmu dan Jelaskan Itu Secara Detail

Menjelaskan secara detail kemampuan yang bisa kamu berikan pada perusahaan jauh lebih menarik ketimbang kamu hanya sekedar mengatakan bahwa ‘kamu bisa’. Penjelasan rincimu dapat menunjukkan kualitas dari dirimu dan pemikiranmu. Namun, kamu juga perlu membatasi apa yang ingin kamu jelaskan. Jangan mengutarakan panjang lebar kemampuan ataupun pengalaman kerjamu yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar. Porsi kata dan kalimat yang kamu gunakan juga hendaknya tidak membuat pewawancara lelah mendengarnya.

Tunjukkan Semangat dan Ambisimu

Totalitas dan loyalitas yang kamu tunjukkan saat wawancara bisa menjadi salah satu hal yang dapat menjawab pertanyaan ‘kenapa perusahaan harus menerima Anda’. Ungkapkan motivasimu saat melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, kemudian kaitkan dengan berbagai usaha dan upaya yang kamu lakukan untuk meraihnya. Sebisa mungkin, tunjukkan sisi positif dari semangat dan ambisimu dan menyiratkan bahwa perusahaan tersebut sangat membutuhkan karyawan sepertimu.

Jelaskan Pengalaman Kerjamu dan Bagaimana Hal Itu Saat Bermanfaat Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu menginginkan orang-orang yang telah berpengalaman untuk menjadi karyawannya. Jadi, ceritakan bagaimana pengalaman kerja yang kamu miliki sebelumnya menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat bagi perusahaan tersebut. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam hal ini. Menceritakan terlalu banyak pengalaman kerja yang berbeda-beda justru dapat menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang tidak loyal dan tidak komitmen atau bisa dikatakan tidak dapat betah dalam satu lingkungan pekerjaan.

Kualifikasi Pendidikan yang Kamu Miliki

Jenjang pendidikan yang kamu miliki serta pelatihan-pelatihan yang pernah kamu ikuti pasti juga mempengaruhi penilaian perusahaan terhadapmu. Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk menyertakan jenjang pendidikan yang sudah kamu tempuh dan prestasi apa saja yang mungkin pernah kamu raih.

Kesimpulan Singkat yang Jelas dan Padat

Pastilah, dalam suatu wawancara kerja pada akhirnya akan memberi waktu pada kamu untuk membuat kesimpulan yang akan menjadi penilaian akhir terhadapmu. Susunlah dengan baik narasi singkat yang jelas dan padat untuk menyimpulkan alasan terbaik kenapa perusahaan harus menerima Anda. Hindari kata yang terlalu panjang dan bertele-tele karena tentu di sesi-sesi sebelumnya kamu sudah diberi kesempatan untuk banyak berbicara. Jadi, fokuslah pada inti dan gunakan kalimat yang bisa memukau hati mereka.

Nah, bagaimana kawan? Sudah persiapkan diri Anda dengan matang untuk wawancara kerja selanjutnya?

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://www.caraspot.com/

Sumber Gambar :
http://media1.s-nbcnews.com/

Yusuf Hafidz R.