Umur 20 Tahunan Berhasil secara Finansial? Ini Kunci Suksesnya!

 

Menjadi dewasa bukanlah suatu hal yang dapat dihindari karena umur semakin bertambah setiap harinya. Pada umur 20-30 tahunan pastinya kita akan menghadapi berbagai tantangan dan masalah dalam kehidupan, baik itu pertemanan, pendidikan, hubungan, maupun finansial. Sebagai anak muda yang memasuki usia 20-an, alangkah baiknya jika kita bisa mandiri secara finansial dan mengatur keuangan dengan baik. Terutama masa pandemi ini bisa dimanfaatkan untuk menabung demi kebutuhan masa depan kita nantinya. Berikut ini beberapa kunci sukses yang bisa membantu kita dalam mengatur finansial.

 

  • Mengenali financial independence

Dalam hal ini, mandiri secara finansial mengacu pada kemampuan dalam membiayai kehidupan sendiri, dan tidak lagi bergantung dengan bantuan orang tua. Salah satu pola pikir yang bisa kita terapkan yaitu “Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu”. Anak muda saat ini mengikuti tren gaya hidup seperti menjadi sebuah keharusan. Seperti berbelanja barang yang bukan kebutuhan, makan di mall, hingga nongkrong di kafe atau coffee shop. Sebaiknya melakukan hal-hal seperti itu cukup sesekali saja dan lebih dikurangi supaya kita bisa mandiri secara finansial.

 

  • Membuat perencanaan keuangan jangka panjang

Perencanaan jangka panjang dilakukan mulai dari menetapkan target berapa jumlah uang yang mampu kita tabung perbulannya. Kita bisa membagi keuangan kita tiap bulan sehingga terkontrolnya uang tersebut kemana saja mudah untuk dilakukan. Perkirakan juga kapan kira-kira kita bisa membebaskan diri dari bantuan orang tua.

 

  • Mengatur pengeluaran dengan baik

Cobalah untuk lebih mengelola pengeluaran dan pendapatan selagi umur kita masih 20-an. Perhatikan agar pendapatan selalu lebih besar dari pengeluaran. Kita bisa mencatat setiap pengeluaran perbulannya berdasarkan penghasilan yang kita peroleh.Terapkan apa yang sudah dibuat dalam catatan tersebut dengan penuh tanggung jawab. Hindari mengeluarkan uang untuk hal-hal yang hanya semata kita inginkan tetapi sebenarnya tidak dibutuhkan.

 

  • Mencari peluang bisnis

Apabila saat ini di umur 20-an kita belum mempunyai penghasilan atau masih bergantung dengan orang tua secara finansial, maka cobalah untuk membuka bisnis. Tidak perlu langsung terjun ke bisnis besar, tetapi mulai dengan yang bermodal kecil dan beresiko rendah. Bahkan saat ini juga banyak anak muda yang memanfaatkan peluang bisnis tanpa modal sekalipun. Sebagai tujuan untuk menambah uang saku sekaligus berlatih menjadi seorang pengusaha muda.

 

  • Menabung dan investasi

Belajarlah untuk membiasakan menabung dan berinvestasi. Ada banyak sekali peluang investasi dengan modal kecil untuk generasi milenial saat ini. Sisakan paling tidak sebesar 10% hingga 20% dari uang saku atau penghasilan bulanan kita. Tujuan dari menabung dan investasi ini untuk mempersiapkan kebutuhan kita di masa depan.

 

Itulah kunci-kunci sukses untuk mengatur keuangan dan mandiri secara finansial di usia muda. Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan membantu teman-teman sekalian. Terima kasih!