‘Cerdas Mengelola Uang Saku’ ala Mahasiswa

 

Keuangan adalah suatu yang dibutuhkan oleh semua orang, namun tak semua orang bisa memanfaatkan uang dengan bijak, bahkan banyak yang menghambur-hamburkan begitu saja. Biasanya ketika beranjak kuliah, banyak di antara kamu yang mendapatkan uang saku secara berkala misalnya mingguan atau bulanan. Ketika mengalami situasi seperti ini, kamu dituntut untuk terampil dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan. Inilah tips cerdas mengelola uang saku ala mahasiswa:

Menabung. Jika kamu memiliki uang saku yang berlebih, lebih baik kamu mengalokasikan dana tersebut untuk menabung jika tujuan yang kamu ingin capai di bawah 1 tahun. Dengan menabung, kamu tinggal membagi target dana dengan jumlah bulan ingin tercapai. Tabungan yang secara disiplin dan rutin kita lakukan dapat ditujukan untuk investasi kecil-kecilan seperti deposito atau tujuan lainnya yang ingin kamu capai.

Buatlah Rencana Anggaran Keuangan. Dari uang saku yang diberikan oleh orang tuamu, kamu harus memiliki tujuan finansial yang bertindak sebagai pelajaran dasar dalam keuangan. Kamu bisa memulainya dengan cara mendata seluruh kebutuhan yang harus kamu penuhi. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan, keinginan dan harapan dan mengelompokkan setiap poin kebutuhan kamu kepada kelompok primer, kelompok sekunder dan kelompok tersier.

Mengatur Keinginan (Pengendalian Diri). Ini memang hal yang cukup sulit karena musuh terbesar adalah diri kita sendiri. Kendalikan pikiran kita dengan fokus pada tujuan tabungan kita dan juga tujuan investasi yang akan kita lakukan. Patuhi secara disiplin anggaran belanja agar kita tidak mengikuti nafsu untuk membelanjakan uang kita tanpa memperhatikan anggaran yang sudah dibuat

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.finansialku.com

Sumber Gambar : https://blog.duitpintar.com

Serlin Florensia Standy