Tips Berhemat di Saat Musim Perayaan Hari Besar

Di kehidupan kita pastinya menginginkan sesuatu apakah itu bernilai rupiah atau kebutuhan rohani jika bernilai rupiah kita membutuhkan uang untuk membelinya kebanyakan orang – orang dengan cara menabung jika belum mempunyai pekerjaan ataupun sudah mempunyai pekerjaan biasanya kita mempunyai banyak kebutuhan di hari – hari besar bagaimana sih caranya untuk tetap mengendalikan uang kita agar tidak terbuang sia – sia? Kali ini kita akan membahas tentang tips bagaimana berhemat saat hari – hari besar tiba.

Buat Rencana Anggaran Pengeluaran Hari Raya

Saat mendekati hari raya, alangkah baiknya kita menyusun rencana anggaran pengeluaran yang berhubungan degan perayaan Ramadhan dan Lebaran yang pastinya akan ada pengeluaran  yang harus dikeluarkan untuk menyambutnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari habisnya ketersediaan uang di akhir mudik.

Identifikasi Sumber Dana

Setelah rencana anggaran pengeluaran dibuat, kita akan lihat skala penting atau tidaknya kebutuhan dana tersebut. Lalu, mulailah identifikasi sumber dana tersebut dari mana untuk dapat menutupi pengeluaran yang telah direncanakan, misalhnya gaji bulanan, THR, dan dana lainnya . setelah semua teridentifikasi, kita dapat mengukur seberapa cukup pendapatan kita untuk menutupi seluruh pengeluaran yang telah direncanakan.

Utamakan Kebutuhan

Setelah melihat rencana anggaran dan kemampuan keuangan kita, ada baiknya kita lakukan cek kembali. Jika keuangan kita tidak mencukupi untuk memenuhi seluruh pengeluaran yang direncanakan, maka saatnya kita merincikan satu-satu mana pengeluaran yang menjadi kebutuhan mendesak dan mana pengeluaran yang dapat ditangguhkan.

INGAT!! Jangan pernah melanggar prinsip utama pengelolaan keuangan yang sehat ya! Besar pasak daripada tiang hanya akan membawa Anda pada masalah finansial yang seharusnya tidak perlu terjadi. Selamat Mudik!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://bisniskeuangan.kompas.com/

Sumber Gambar :
http://anakgundar.com

Nuh Abdillah