IRB News Goes to SEA Today

Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, IRB News selaku pers mahasiswa Hubungan Internasional Universita Bina Nusantara melaksanakan kunjungan perusahaan ke SEA Today (Southeast Asian Today). SEA Today sendiri merupakan kanal berita Internasional yang berbasis di Indonesia dan berdiri dibawah BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Kegiatan ini dilakukan di gedung STO Telkom Gambir dan dihadiri oleh 21 mahasiswa aktif Universitas Bina Nusantara. Selain dari IRB News, mahasiswa yang hadir juga berasal dari FPCI (Foreign Policy Community of Indonesia) chapter Binus, BIRDS (Binus International relations Dialectic Society), dan HIMHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) Binus. 

Para peserta berkumpul di lobby utama SEA Today pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan pertama adalah mendapatkan penjelasan mengenai apa itu SEA Today dan juga kakak-kakak reporter yang membagikan cerita-cerita pengalaman lapangan mereka dan memberikan penglihatan akan berbagai sisi menjadi seorang yang bekerja di industri ini. Setelah itu, peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya segala keingintahuan mereka sembari menikmati cemilan yang telah diberikan oleh pihak SEA Today

Tepat pukul 15.30 WIB kegiatan dilanjutkan dengan office tour yang dibimbing oleh kakak-kakak dari SEA Today. Selama office tour, peserta mendapatkan kesempatan untuk melihat-lihat dan dijelaskan mengenai bagaimana sebuah stasiun berita bekerja. Peserta mendapatkan kesempatan untuk masuk dan berfoto-foto di dalam studio berita SEA Today. Peserta juga sempat bertemu dan berbincang dengan tiga pembawa berita yang sedang bersiap-siap untuk melakukan siaran langsung. Dikarenakan office tour bertepatan dengan jadwal siaran langsung, peserta juga berkesempatan untuk melihat proses di balik layar sebuah siaran langsung berita. Setelah itu, pihak SEA Today telah menyiapkan kuis seputar SEA Today. Pemenang lima teratas dari kuis tersebut mendapatkan hadiah berupa merchandise SEA Today. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat dari tim IRB News kepada pihak SEA Today sebagai tanda terima kasih telah mengizinkan IRB News melakukan office tour dan memberikan pengalaman berharga bagi peserta. 

Sannie Tanzil