Seni dan Budaya Sebagai Soft Power Indonesia

   Seni dan budaya merupakan hal yang menarik banyak perhatian orang-orang dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh kesenian atau kebudayaan itu sendiri. Dengan jumlah penduduklebih dari 270 juta, Indonesia memiliki kesenian dan kebudayaan yang sangat beragam, dimana hampir semua daerah di Indonesia memiliki ciri khas nya masing-masing dalam bidang seni dan budaya. Seni dan budaya Indonesia sering kali mendapatkan perhatian publik tidak hanya dari lokal, tetapi juga dari Internasional. Beberapa seni dan budaya yang telah menarik perhatian warga asing adalah sebagai berikut.

  1. Tari Kecak Source: suara.com

         Tari kecak merupakan salah satu seni yang selalu menarik perhatian turis dari luar. Tarian ini merupakan tarian yang terinspirasi dari ritual masyarakat Bali yang diadaptasi dari kisah Ramayana. Tarian yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini terlihat sangat unik dikarenakan tarian ini dilakukan oleh puluhan atau bahkan ratusan laki-laki bertelanjang dada yang melakukan ritual agama Hindu. Tari kecak identikdengan musik-musik tradisional Bali dan biasanya terdapat seperti bara-bara api yang terbakar yang dilewati oleh para penari tersebut.

  2. Batik Source: Kompas.com

         Batik merupakan seni lainnya yang dikenal hingga ke manca negara, dimana batik memiliki beranekaragam pola yang biasanya memiliki makna atau kisah tersendiri di belakangnya. Sebagai salah satu seni padabidang fashion, batik dapat sangat mudah ditemukan di banyak tempat, baik di tempat perbelanjaan, di butik batik, maupun di beberapa bandara Internasional karena dianggap sebagai oleh-oleh khas Indonesia. Selain karena keindahan dari coraknya, salah satu alasan turis asing tertarik dengan batik adalah karena banyaknya penyediaan pelatihan menenun batik bagi masyarakat umum.

  3. AngklungSource: Merdeka.com

          Angklung merupakan alat musik tradisional asal Jawa Barat yang saat ini sudah mendunia. Sering kali kita melihat banyak perwakilan Indonesia yang memainkan angklung di luar negeri sebagai bentuk dari pengenalan budaya Indonesia melalui internet. Alat musik yang dibuat dari bambuini memang memiliki keunikan nya tersendiri dibandingkan alat musik lainnya, seperti perbedaan yang cukup terlihat dari bagaimana cara alat musik tersebut dimainkan, yaitu dengan di getarkan sesuai dengan tingkatan nada dasarnya.

         Sebagai mahasiswa hubungan internasional kita pasti bertanya-tanya, apa fungsi dari berbagai macam seni dan budaya tersebut? Apakah hanya untuk dinikmati semata? atau memiliki fungsi lainnya?. Pada kenyataannya seni dan budaya tidak hanya berfungsi sebagai ciri khas dan pembeda dari sebuah bangsa, melainkan juga dapat menjadi sarana kerjasama antar bangsa. Tingginya ketertarikan masyarakat luar negeri terhadap seni dan budaya Indonesia membuat negara lain akan lebih melirik Indonesia, sehingga potensi kerja sama dalam forum internasional akan semakin besar. Hal tersebut biasa dikenal dengan istilah soft power, dimana menurut Joseph Nye, soft power adalah salah satu metode pendekatan untuk mengejar kepentingan nasional suatu negara melalui daya tarik budaya, orientasi politik dan kebijakannya. Sebenarnya seni dan budaya dapat menjadi variabel yang memiliki peranan krusial dalam keberhasilan diplomasi Indonesia jika kita dapat melestarikannya dan membuat eksistensi seni dan budaya Indonesia dapat bersaing dengan budaya barat.