Permainan Tradisional Betawi

Permainan Tradisional merupakan permainan yang berasal suku atau kebudayaan tertentu. Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan berbagai macam suku dan budaya, maka dari itu Indonesia sendiri dapat dikatakansebagainegara yang memiliki berbagai macam permainan tradisional. Kebudayaan betawi yang melekat pada warga jakarta memiliki banyak ciri khas mulai dari makanan, pakaian adat , dan hingga permainan tradisional. Dalam artikel ini akan membahas permainan permainan tradisional yang berasal dari suku betawi.

Permainan tradsional pertama adalah gasing. Gasing sendiri merupakan suatu permainan yang menggunakan mediadari kayu berbentuk kerucut dan di beri paku pada ujung nya. Cara memainkan gasingadalah dengan cara membantingkan nyake tanah atau ke permukaan datar agar gasing tersebut bisa berputar.

Selain gasing, Permainan lain yang melibatkanpenggunaanalat adalah kelerengatau bisa dikenaldengan sebutan gundu. Permainan gundu sendiri merupakan permainan yang melibatkan bola kelereng dan cara barmainnya dengan membuat lingkaran sebesar 7 cm lalu permainan tersebut haruslah di hadirkan lebih dari 1 pemain. Setelah itu para pemain berdiri berjajar di belakang sebuah garis, untuk melakukan undian dengan cara melemparkan gundu gacoannya hingga sedekat mungkin dengan gundu taruhan dalam lingkaran. Para pemain lalu menyentil kearah kelereng lawannya.


Selanjutnya ada permainan lompat karet. Dalam permainan lompat karet permainannya tidak jauh dengan bermain lompat tali (Skipping). Dalam permainan tersebut ujung karet dipegang oleh dua orang,lalu pemain harus melompatkan karet tersebut tanpa harus kena dengan karet tersebut.

Selanjutnya yang terakhir ada petak umpet. Petak umpet merupakan permainan yang sangat digemari dan populer di kalangan anak anak betawi. Permainan ini dapat dimainkan di mana saja seperti di lapangan luas, rumah bahkan taman. permainan petak umpet dapat  dimainkan  laki-laki maupun perempuan dan dimainkan lima atau enam orang anak, bahkan bisa lebih.

Setelah melakukan undian, seorang anak akan menutup matanya sementara kawan-kawan yang lain bersembunyi.Keunikan petak umpet adalah kita bebas untuk bersembunyi dimana saja seperti di balik pohon, di balik tembok, di belakang gundukan, bahkan di tempat yang tidak terduga. Setelah pihak yang mengumpat berhasil ditemukan, si pencari harus berteriak ‘Hong’ dan kemudian  berlari ke titik yang menjadi tempat menutup matanya, biasanya batang pohonatau tiang listrik.

Salah satu permainan tradisional dari luar negri yang hampir mirip dengan permainan petak umpet adalah permainan 40/40 asal Australia. Konsep permainan nya mirip dengan petak umpet, namun yang membedakan hanya dalam penyebutannya seperti jika petak umpet yaitu teriak “hong” dan ini adalah 40/40 (Khoiri, 2018).

Pola permainan tradisional bergaris lurus dengan teori ativitis yang mana menekankan kronologi terhadap apa yang kita lakukan saat ini merupakan representasi bentuk aktivitas dari leluhur kita sejak dulu (Khoiri, 2018). Selain itu jika kita lihat lebih dalam, kita dapat mengkonlusikan bahwa permainan tradisional sangat berorientasi pada kebersamaan sehingga menciptakan kebahagiaan terlebih dahulu, berbeda dengan permainan modern yang lebih mengutamakan kemenangan sebagai standar utama untuk mendapatkan kebahagiaannya.

Terlepas dari pesatnya era globalisasi yang memperlihatkan banyaknya pembangunan gedung sehingga lahan bermain menjadi berkurang dan era digital yang menekankan gadget sebagai alat yang paling diminati banyak orang, permainan tradisional merupakan aktivitas yang patut untuk dilestarikan sebagai peninggalan leluhur yang sangat berharga dan tentu saja sangat menyenangkan. .

Refrensi

Khoiri, A. (2018, August 19). Permainan Tradisional, Puncak dari Segala Kebudayaan. hiburan. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180817120306-241-323001/permainan-tradisional-puncak-dari-segala-kebudayaan

Khoiri, A. (2018, August 19). Ragam Permainan Tradisional di Berbagai Negara. hiburan. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180817162320-241-323056/ragam-permainan-tradisional-di-berbagai-negara

Sukut betawi.com. (n.d.). Permainan tradisional betawi. http://www.setubabakanbetawi.com/permainan-betawi/