Peran Prangko dalam Membangun Hubungan Diplomatik.

Prangko adalah teraan di atas kertas dengan bentuk dan ukuran tertentu, yang memuat nama negara atau tanda gambar yang merupakan ciri khas dari negara penerbit. Penggunaan prangko membawa sejarah panjang yang membuktikkan bahwa prangko tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran pengiriman pos, tetapi juga menjadi media visual dalam peristiwa bersejarah suatu bangsa. Termasuk Indonesia yang sering mengabadikan peristiwa berserjarahnya dalam bentuk gambar serta desain khusus di prangko.

(Source:Republika.com)

Prangko pemerintah Republik Indonesia yang pertama tidak hanya berkembang pada masa penjajahan, melainkan setelah Presiden Soekarno mendeklarasikan kemerdekaan pemerintahan Republik Indonesia. Penerbitanprangkopertama dimaksudkanagar pengiriman surat tidak lagi menggunakan prangko cetakan Belanda,untuk memperingati setengah tahun kemerdekaan dan sebagai bukti penanda Indonesia telah terbebas dari penjajahan.

Peran prangko saat ini tidak banyak lagi digunakan sebagai alat pembayaran pengiriman pos,melainkan peran prangko masih tetap menjadi media yang dapat mengabadikan momen khusus dalam diplomasi dan hubungan International. Eksistensi prangko tidak akan hilang dikarenakan prangko masih tetap bisa menyampaikan misi diplomasi dari suatu negara. Seperti kerja sama diplomatik Indonesia dengan setiap negara berbeda-bedadalammembangun hubungan diplomatik dengan merilis sebuah prangko spesial dalam rangka dan peringatan khusus hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan negara tersebut.

Sebagai salah satu bukti dalam merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia bersama dengan Amerika Serikat. Kedua negara merilis sebuah prangko yang menampilkan gambar spesies penyu belimbing yang bertelur di kawasan timur Indonesia dan hidup di perairan pantai barat Amerika Serikat.

Prangko tersebut merupakan cerminan dari adanya hubungan kemitraan antara kedua negara yang erat meski melintasi samudera. H ubungan antar kedua negara tersebut mempromosikan adanya demokrasi kepada setiap pemimpin masa depan yang akan memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat di kedepannya.

 

 

(Source:detik news.com)

 

Bibliography

Fajriani, Z. L. (2019, April 10). RI-AS Luncurkan Prangko Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik. Retrieved from Detik.News: https://news.detik.com/berita/d-4505154/ri-as-luncurkan-prangko-rayakan-70-tahun-hubungan-diplomatik

KOMINFO. (2020, agustus 19). Prangko, Salah Satu Media Visualisasi Peristiwa Bersejarah Bangsa. Retrieved from KOMINFO: https://www.kominfo.go.id/content/detail/28776/prangko-salah-satu-media-visualisasi-peristiwa-bersejarah-bangsa/0/berita

KOMPAS. (2021, Maret 29). Mengenal Prangko Pertama di Indonesia, Harganya Capai Rp 1,6 Miliar. Retrieved from KOMPAS.COM: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/29/08260891/mengenal-prangko-pertama-di-indonesia-harganya-capai-rp-16-miliar