Filosofi Logo Baru HIMHI 2017

Setiap logo atau lambang memiliki suatu makna tersendiri yang menjadi latar belakang ditetapkannya bagian-bagian menjadi satu kesatuan lambang yang utuh. HIMHI sebagai organisasi yang berdiri secara resmi memiliki lambang yang terdiri dari beberapa bagian-bagian yang memiliki arti tersendiri membentuk satu kesatuan hingga menjadi arti seutuhnya.

Lambang baru HIMHI yang berwarna biru dan membentuk bola dunia memiliki makna filosofis yang menjadi alasan bahwa lambang ini sejalan dan mewakili apa itu HIMHI beserta tujuannya.

Secara garis besar lambang HIMHI adalah Perdamaian dan Keamanan Dunia. Namun, secara luas lambang HIMHI memiliki arti masing-masing dari setiap bagian-bagiannya. Lambang HIMHI mencakup empat elemen, yaitu Bola Dunia, Ranting Zaitun, Lintasan Orbit, dan Font HIMHI.

Bola Dunia : Posisi bola dunia berada di tengah lambang. Hal ini memiliki makna simbolis bahwa bumi merupakan fokus studi HIMHI dimana hal yang dipelajari adalah hubungan antarbangsa dan antarnegara. Serta tidak adanya peta negara yang ditampilkan dan adanya grid segiempat menunjukkan pola hubungan sama derajat dan tidak berpaham Chauvinisme.

Ranting Zaitun : Ranting zaitun telah lama digunakan sebagai simbol perdamaian seperti digunakannya oleh entitas internasional: PBB. Ranting tersebut melintasi seluruh dunia dan memberi manfaat kepada seluruh masyarakat. Diharapkan HIMHI akan menjadi organisasi yang memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Adapun juga relevansi dengan studi hubungan internasional: membuka jalan melalui diplomasi, mempromosikan perdamaian dan memahami berbagai permasalahan perdamaian.

Lintasan Orbit : Lintasan orbit yang melilingi bola dunia merupakan simbol hubungan antara negara-negara dunia yang saling terlibat. Satu negara tidak akan bisa survive dan maju bila hanya bergantung pada dirinya sendiri. Orbit juga melambangkan HIMHI sebagai organisasi yang memiliki visi untuk dikenal secara internasional. Lintasan orbit sebagai jalur tetap yang dilalui oleh objek juga melambangkan pengimplementasian visi misi HIMHI yang konsisten.

Font HIMHI : Font yang digunakan adalah Garamond tipe Serif yang memiliki peran sejarah terbesar dalam tipografi modern. Garamond ini melambangkan kewibawaan serta elegan. Secara keseluruhan, gabungan elemen-elemen tersebut menggambarkan cita-cita HIMHI-BINUS untuk menjadi organisasi mahasiswa/i terdepan yang ingin memberikan kontribusi, baik secara nasional dan internasional, terutama dalam pengembangan Hubungan Internasional.
Makna warna pada lambang:

Terdapat dua gradasi biru muda dan biru tua, yang mana biru merupakan warna langit yang dilihat setiap bangsa dan laut yang menutupi seluruh permukaan bumi. Serta, secara psikologis memiliki pengaruh mengurangi ketegangan serta menciptakan ketenangan. Makna tersebut melambangkan sebagai perdamaian internasional.

Pada hakikatnya pemilihan sebuah logo pada organisasi harus mewakili citra dari organisasi tersebut. HIMHI memilih lambang di atas dengan segala pertimbangan yang dapat menggambarkan HIMHI secara penuh. Dari penjelasan di atas semoga para pembaca bisa lebih memahami dan memaknai lambang HIMHI dengan benar dan utuh.