Insiden Kapal HMR Defender: Puncak Kegeraman yang Mengguncang Rusia dan Inggris

Sumber: Reuters

Hubungan yang terjalin antara Rusia dan Inggris mengalami guncangan setelah insiden yang melibatkan kapal perang Inggris yang dikenal dengan “HMR Defender”. Pada tanggal 23 Juni 2021, Rusia menjatuhkan tembakan dan bom terhadap HMR Defender setelah kapal perang tersebut terdeteksi berlayar di wilayah Laut Hitam. Insiden tersebut mengundang respon negatif dari Inggris yang membantah pernyataan dari Russia dan mengakui bahwa kapal tersebut sedang menuju Georgia dari Odessa dengan melewati perairan Ukraina. Perjalanan HMR Defender menuju Georgia melewati semenanjung Krimea, dimana wilayah tersebut dulunya merupakan Ukraina sebelum dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

Kapal Patroli Rusia melayangkan tembakan peringatan kepada kapal HMR Defender setelah kapal Inggris tersebut berlayar 19 km melewati pantai Krimea. Walaupun Inggris menyatakan bahwa kapalnya melewati perairan Ukraina yang merupakan jalur perairan internasional, Rusia tetap mengklaim bahwa perairan tersebut merupakan wilayah teritorial Rusia. Bahkan Menteri Pertahanan Rusia mengklaim bahwa pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal Inggris tersebut adalah pelanggaran terhadap hukum laut yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Insiden ini diawali dengan himbauan dari Rusia terhadap HMR Defender untuk mengubah haluannya. Tembakan peringatan dan bom dijatuhkan setelah upaya himbauan tersebut tidak digubris pada pukul 12.06 dan dua menit setelahnya oleh jet Sukhoi Su-24. Keberadaan kapal HMR Defender pada awalnya berada di pelabuhan Odessa, Ukraina Selatan, untuk bekerja sama dalam pembangunan kapal perang dan pangkalan angkatan laut. 

Serangan agresif dari Rusia tidak hanya membuat hubungan diplomasi antar kedua negara tersebut mengalami guncangan, namun juga mengundang reaksi dari negara Ukraina. Dmytro Kuleba ( Menteri Luar Negeri Ukraina ) menegaskan bahwa serangan militer yang dilakukan oleh Rusia merupakan ancaman bagi Ukraina dan juga sekutunya, sehingga Dmytro mengusulkan kerjasama antar Ukraina dengan sekutu NATO di wilayah Laut Hitam. Insiden yang melibatkan ketiga negara tersebut hingga kini belum memasuki langkah penyelesaian

 

Referensi:

BBC. (2021, June 23). HMS Defender: Russian jets and ships shadow British warship. BBC News. https://www.bbc.com/news/world-europe-57583363

Guardian News and Media. (2021, June 23). Royal Navy ship off Crimea sparks diplomatic row between Russia and UK. The Guardian. https://www.theguardian.com/world/2021/jun/23/russian-ship-fired-warning-shots-at-royal-navy-destroyer-hms-defender-moscow-says. 

Utomo, A. P. (2021, June 23). Rusia Jatuhkan Bom dan Tembakan Peringatan ke Kapal Perang Inggris Halaman all. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/global/read/2021/06/23/205356170/rusia-jatuhkan-bom-dan-tembakan-peringatan-ke-kapal-perang-inggris?page=all. 

 

Author: Vanya Wilhelmina Susanto| IRB News

Editor: Uttari Kandha Ariwangsa | IRB News

 

Vanya Wilhelmina Susanto