SUMMER CAMP TO TAIWAN 2023


Pada tanggal 16 Juli – 29 Juli 2023, 29 mahasiswa/i Binus University yang ditemani oleh kedua dosen Chinese Literature Binus University, yaitu Jureynolds Laoshi dan Mei Rianto Chandra Laoshi akan mengikuti Summer Camp 2023 di Taiwan, yang diadakan di National Tsing Hua University.

Semua peserta berangkat dari Bandara Soekarno Hatta dari sekitar pukul setengah 3 sore sampai setengah 9 malam. Sesampainya di Bandara Taoyuan Taiwan, peserta dijemput oleh seorang guru dari National Tsing Hua University dan sampai di asrama sekitar pukul 1 malam. Setiap hari Senin sampai hari Jumat, semua peserta mengikuti kelas mandarin dari pukul 9 sampai 12 siang, kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Pada hari kedua siang, para peserta bersama kedua laoshi diajak untuk tur kampus agar dapat lebih mengenal lingkungan kampus, dan malamnya terdapat acara Welcome Party.


Selain kelas mandarin, terdapat kelas Prakarya yang mengajari cara membuat “Small Lantern”. Peserta juga diajak menonton film bersama, yang berjudul “My Best Summer”. Selain itu, kami juga bermain games seperti “Childhood Times”, di mana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu masing-masing kelompok harus menebak siapa yang ada di foto masa kecil itu. Ada juga sesi di mana peserta pergi ke museum seperti TSMC, yang menampilkan beberapa teknologi yang dikembangkan di sana, salah satunya VR (Virtual Reality). Semua peserta mencoba VR termasuk kedua laoshi. Lalu peserta juga pergi ke Big City Mall untuk berbelanja dan mengeksplor.

Selain bermain games Childhood Times, peserta juga diberikan challenge seperti “Talent Show”, di mana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok lalu diberikan tema tertentu , diberikan waktu sekitar 30-45 menit untuk latihan, lalu berakting di depan peserta lainnya dan staff-staff di sana.

Di hari keenam, terdapat Hsinchu Cultural Tour Downtown, di mana kami mengunjungi sebuah museum, kemudian dilanjutkan dengan mengeksplor, dan di hari ketujuh, terdapat Taipei Tour. Kegiatan ini dilakukan secara full day dari pukul 9 pagi sampai pukul setengah 9 malam. Naik MRT ke beberapa stasiun, pergi ke beberapa tempat serta mencoba makanan yang ada di sana.

Terdapat satu hari dimana ada badai dan hujan yang sangat besar, pada saat itu peserta diharuskan untuk berhati-hati dan sebisa mungkin pulang lebih awal. Meskipun begitu, masih ada banyak peserta yang keluar untuk berbelanja dan mengeksplor Kota Hsinchu.

Peserta tidak hanya mengeksplor di Kota Hsinchu saja, namun juga eskplor di Kota Neiwan. Melewati jembatan, lalu membeli barang di pasarnya. Terdapat juga toko souvenir yang menjual dompet berbentuk anjing dan lanyard anjing, serta ada tempat untuk ramalan, di mana peserta perlu memasukkan koin 10$ NTD lalu mengambil stik secara acak dan mengambil kertas sesuai dengan nomor yang tercantum di stik tersebut.

Para peserta mendapatkan sebuah project, di mana peserta harus berakting atau mempresentasikan teks atau dialog yang telah diberikan. Project ini akan memperlihatkan apa saja yang dipelajari di kelas mandarin selama Summer Camp. Di hari terakhir, peserta harus berakting dan presentasi. Setelah semua pertunjukan telah selesai, dosen dari NTHU memberikan feedback. Malamnya, terdapat acara Farewell Party. Kami merasa terhormat dan merasa disambut dengan baik oleh dosen-dosen dan staff-staff dari NTHU. Kami berharap jika ada kesempatan, kami bisa berkunjung ke Taiwan lagi, tepatnya di NTHU.