Mid Autumn Day – 中秋节

Mid-Autumn Festival (Hanzi: 中秋节), merupakan salah satu hari raya tradisional di China yang biasanya dirayakan pada tanggal 15 bulan ke-delapan menurut kalender Tionghoa. Mid-Autumn Festival merupakan festival atau hari perayaan terbesar ke-2 setelah Hari Raya Imlek. Festival ini biasanya dirayakan dengan melakukan upacara untuk menyembah bulan, kemudian, menyalakan lilin diatas bunga teratai yang kemudian juga akan dihanyutkan di sungai, saling bersilahturami di antara keluarga, teman, tetangga dengan saling berbagi kue bulan, memasang lentera dan tari naga, berkumpul dan makan bersama keluarga sambil menikmati pemandangan bulan di langit, serta menyantap kue bulan (月饼) dengan isian yang beraneka ragam. Biasanya, festival ini disebut juga sebagai Moon Festival dan Festival Kue Bulan.

Perayaan Mid-Autumn Festival ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tepatnya pada masa Dinasti Zhou (1046 SM – 256 Masehi). Pada masa itu, para masyarakat Tionghoa akan menyembah bulan yang muncul pada pertengahan musim gugur, serta berdoa agar pada masa panen berjalan lancar dan mereka dapat mendapat hasil panen melimpah.

Selain itu, Festival ini juga berkaitan kuat dengan cerita legenda rakyat Chang’e, atau yang biasa dikenal dengan judul 嫦娥奔月 (Pinyin: Chang’e Ben Yue). Cerita Chang’e sendiri juga seiring perkembangan jaman mulai memiliki banyak versi yang dapat ditelusuri oleh pembaca sekalian.

Akhir kata, HIMANDA mengucapkan “中秋节快乐!” kepada para pembaca dan selamat menikmati kue bulan bersama keluarga!

Sumber Informasi: Wikipedia