Kunjungan Tamu dari Tsing Hua University 2023


Pada tanggal 21 Juni lalu di hari Rabu, HIMANDA bersama dengan Sastra China BINUS kedatangan tamu undangan dari Tsing Hua University, Taiwan serta Kampus Merderka. Pada kunjungan dinas tersebut, HIMANDA menemani para tamu yang menjadi perwakilan dari Tsing Hua University, Taiwan dalam mengikuti rapat, campus tour serta kegiatan lainnya di Universitas BINUS. Saat para tamu undangan tiba di kampus BINUS Alam Sutera, para tamu disambut dengan hangat oleh para dosen Sastra Cina, anggota HIMANDA, serta tim BINUS lainnya. Para tamu disambut oleh pertunjukkan mesin angklung di lobby utama kampus BINUS Alam Sutera. Setelah melihat pertunjukkan mesin angklung, para tamu diajak untuk berfoto bersama di depan tulisan BINUS yang merupakan lambang dari kampus BINUS Alam Sutera.


Setelah sesi foto bersama berakhir, para tamu undangan diantarkan ke ruangan rapat di lantai 3 untuk membahas kerja sama di bidang pendidikan yang kedepannya akan dilakukan dengan Universitas BINUS.


Dalam rapat tersebut, kepala jurusan Sastra Cina, Jureynolds lao shi bersama dengan dosen Universitas BINUS, Mei Rianto lao shi mendampingi dan menerjemahkan percakapan dalam rapat tersebut. Para mahasiswa jurusan Sastra Cina yang tergabung dalam HIMANDA juga menemani para tamu undangan serta membantu para tamu undangan. Setelah rapat usai, para tamu undangan diajak untuk berkeliling BINUS.

Pertama-tama pihak BINUS mengantarkan tamu undangan dari Tsing Hua University ke ruangan kelas C0311 yaitu Creative Class dimana pada kelas tersebut para mahasiswa BINUS dapat menggunakan spidol papan tulis untuk menulis dan menggambar di meja kelas serta menghapusnya nanti menggunakan tissue maupun kain lap. Para tamu kunjungan dinas tampak tertarik dengan teknologi yang BINUS miliki dan gunakan. Bahkan salah satu dari tamu kunjungan dinas tersebut ada yang mencoba menulis di salah satu meja di kelas tersebut.


Berikutnya pada campus tour tersebut, para tamu kunjungan diantarkan ke lab film dimana tempat tersebut biasanya digunakan oleh mahasiswa jurusan film untuk melakukan shooting film. Para tamu dari Tsing Hua University terkesan melihat fasilitas yang ada pada lab film tersebut.


Setelah mengunjungi lab film, para tamu undangan diajak berkunjung ke ruangan shooting yang biasa digunakan oleh mahasiswa salah satu UKM di BINUS yaitu BINUS TV. Disana, tamu kunjungan melakukan uji coba dimana mereka diminta untuk duduk disebuah sofa dan membicarakan suatu hal atau topik tertentu untuk dijadikan sebuah video pendek.


Kemudian para tamu undangan diajak untuk melihat-lihat perpustakaan BINUS dimana para mahasiswa dapat menemukan berbagai macam buku, menggunakan komputer dan ruang pertemuan untuk mengadakan rapat atau mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

Setelah campus tour selesai, tim BINUS serta HIMANDA mengantarkan para tamu kunjungan kembali ke lobby utama serta drop off dan setelah itu para tamu kembali ke tempat tujuan mereka menggunakan bis.
Kami merasa sangat terhormat dan senang dapat mendampingi para tamu kunjungan dari Tsing Hua University serta Kampus Merdeka dalam kunjungan dinas kali ini. Kami berharap di lain waktu kami dapat bertemu lagi dengan mereka serta pihak luar lainnya yang ingin mengunjungi serta bekerja sama dengan BINUS.