Chinese Fabel Mini Story: 泥人与木偶

Keterangan:
泥人 (Pinyin: nírén; Arti: Orang tanah liat);
木偶 (Pinyin: mù’ǒu; Arti: Boneka kayu/wayang)

Di samping sebuah sungai Zi, ada sebuah 泥人 dan 木偶 tengah mengobrol. Mu’ou berkata pada Ni Ren: “Kamu awalnya adalah setumpuk lumpur/tanah, hanya saja ada manusia yang membuat mu sehingga menjadi kamu yang sekarang. Tunggu sampai pada bulan 8, pada saat musim hujan, ketika turun hujan deras yang tak henti, pada saat itu, kamu pasti akan meleleh dan rusak menjadi tanah!”

Mendengar perkataan tersebut, NiRen membalas: “Aku dari awalnya memang merupakan tanah dari bumi ini, Meski akan turun deras dan rusak (dalam artian bentuknya yang sekarang akan hancur) pun, aku hanya akan kembali menjadi tanah yang berada di bumi dan kembali bentukku yang semula dan yang sebenarnya. Tetapi kamu? Kamu ini diukir dari pohon persik yang terdapat di taman oleh manusia. Jikalau turun hujan deras dan air di sungai naik, kamu akan terhanyut oleh arus. Pada saat itu, kamu hanya akan mengalir ke sana-sini, bukan hanya tak dapat kembali ke tempat asalmu, kamu bahkan akan dibawa oleh arus yang ke tempat yang dimana itu pun kamu tak tahu!”

Kisah ini merupakan kisah yang diceritakan oleh bawahan Meng Chang Jun (孟尝君), yang merupakan seorang konselor terkenal dari Qi Guo (齐国). Pada saat itu, Meng Chang Jun memutuskan untuk meninggalkan negaranya dan pergi ke negara Qin (秦国). Saat itu semua orang berusaha menghentikannya untuk pergi, namun Meng Chang Jun tak menghiraukan mereka. Hingga mendengar cerita dari bawahannya ini, Ia pun memutuskan untuk tetap tinggal disana dan tidak pergi.