LDK-A HIMANDA 2023


LDKA atau Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis adalah komponen penting dalam jajaran kegiatan regenerasi kepemimpinan Organisasi Himpunan Mahasiswa Sastra China Binus untuk periode 2023-2024. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan serta membentuk ciri khas kepemimpinan bagi para calon aktivis, agar mereka kelak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai aktivis di dalam struktur kepengurusan HIMANDA selama periode 2022-2023. Selama acara ini, akan disampaikan berbagai materi yang relevan mengenai HMJ HIMANDA yang penting bagi pengetahuan para aktivis, sekaligus diselenggarakan rangkaian kegiatan untuk mempererat hubungan antara sesama aktivis.

Acara Pelatihan Awal Kepemimpinan Aktivis HIMANDA tahun 2023 mengusung tema “Next Generation, Next Level. LDKA ini juga bertujuan untuk membentuk sifat kepemimpinan pada setiap calon aktivis, sehingga mereka dapat berkolaborasi secara efektif dalam menjalankan beragam program kerja HIMANDA di masa depan. Pelaksanaan LDKA ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 13 April dan 30 April 2023.

Hari pertama LDKA pada tanggal 13 April 2023, dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara ini dipimpin oleh Fidella dan Aprilina sebagai MC. Dikarenakan ada beberapa partisipan yang berhalangan hadir, maka acaranya diadakan lagi pada tanggal 30 April 2023, dimulai pada pukul 13.00. Hari kedua dipimpin oleh Aurelia Samella dan Aprilina sebagai MC. Acara ini dimulai dengan pembacaan doa dan pembacaan aturan-aturan yang harus ditaati oleh semua partisipan yang ada dalam zoom meeting. Acara ini dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Callista Chloe Taniel sebagai Ketua Pelaksana LDKA 2023, dan Fidella sebagai Ketua Umum HIMANDA.

Kemudian, acara ini masuk ke sesi materi pertama tentang HIMANDA itu sendiri, yang dibawakan oleh Aprilina sebagai MC dan Gabriella Catherine Chan sebagai Ketua Region Kemanggisan. Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terhadap materi pertama yang sudah disampaikan.

Setelah itu, acara ini masuk ke sesi materi kedua tentang “Leadership Communication” , yang juga disertakan dengan sesi tanya jawab, oleh Callista Chloe Taniel sebagai Ketua Pelaksana HIMANDA dan Sekretaris AS.

Setelah itu, diberikan waktu ISOMA sekiranya 30 menit-1 jam. Setelah sesi ISOMA selesai, acara ini memasuki sesi games, dimana semua calon aktivis akan memainkan game “Family 100”. Setelah itu, terdapat Bonding Session di mana calon aktivis mengobrol dengan Koordinator Divisi masing-masing di breakout room. Setelah Bonding Session selesai, acara ini masuk ke sesi materi ketiga tentang “Proposal” yang juga disertakan oleh sesi tanya jawab, oleh Fatimah Astari Azzahra sebagai Sekretaris Kemanggisan.

Setelah materi ketiga, terdapat materi terakhir tentang “LPJ” yang dibawakan oleh Octaviana Eka Safitri sebagai Bendahara. Setelah itu, acara LDKA hari pertama ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kristina Wati.