Chinese Idiom Story: 成语故事 – 从容不迫

Pada masa perang, Filsuf Zhuangzi (庄子) pernah suatu kali bersama dengan sahabatnya Huizi (惠子) melihat ikan di Jembatan Haoshui (濠水).

Zhuangzi berkata: “Melihat ikan berenang dengan pelan dan tenang di dalam air, kurasa inilah kebahagiaan ikan”. Huizi pun bertanya: “Kamu bukanlah ikan, bagaimana bisa tahu tentang kebahagiaan ikan?”

Mendengar hal tersebut, Zhuangzi bertanya balik: “Kamu juga bukanlah aku, bagaimana bisa tahu aku tidak tahu kebahagiaan ikan?”. Huizi pun berkata: “Aku bukanlah kamu, meskipun tidak tahu apa yang kamu pikirkan, tetapi kamu bukanlah ikan, tidak mungkin dapat mengetahui kebahagiaan ikan dengan sangat pasti dan tanpa ada sedikit pun rasa ragu.”

Akhirnya, Zhuangzi menjelaskan: “Kamu bertanya bagaimana aku bisa mengetahui kebahagiaan ikan, itu bisa jadi kamu sudah mengetahui bahwa aku mengetahui tentang kebahagiaan ikan. Lalu terkait bagaimana aku mengetahuinya, itu karena saat aku tiba di Jembatan Haoshui, melihat ikan berenang dengan sangat santai dan tenang di sini, jadi merasa bahwa ikan-ikan ini sangatlah bahagia.”

从容不迫 (cóng róng bù pò):menjelaskan kata sifat yang tidak terburu-buru, tidak panikan, sangat tenang dan tidak tergesa-gesa.

————————————————————
CONTACT US.
instagram: @himandabinus
email: himandabinus@gmail.com