BSLC BENCHMARKING 2023

BSLC BENCHMARKING 2023

Benchmarking merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh Binus Student Learning Community (BSLC) dimana tahun ini berkolaborasi dengan Binus Business International Club (BIC). Pada tanggal 25 Januari 2023,  acara Benchmarking ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari BSLC dan juga BIC. 

Acara benchmarking lalu dimulai dengan perkenalan diri oleh para MC yang berasal dari BSLC (Jacobus Franklien) dan juga BIC (Danny Andreas), dimana mereka yang akan memimpin Benchmarking tahun ini. Sebelum masuk ke kata sambutan oleh para Ketua Umum dari masing – masing Organisasi, Panitia memimpin acara dengan melakukan Doa untuk memulai acara ini agar Benchmarking tahun ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masing – masing organisasi. Selesai dari Doa, acara disusul dengan penyampaian kata sambutan oleh Ketua Umum BSLC yaitu kak Brainly Sungkharisma, dan Ketua Umum BIC yaitu kak Sharon Bawole. Felicia Rosemona sebagai project manager dr BIC juga turut mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di kegiatan Benchmarking Tahun ini.

Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan sesi Ice Breaking yang dipimpin oleh kak Frederick Tan (BSLC), semua peserta dari kedua Organisasi bersama – sama bermain dalam permainan “Guess The Song From Emoji” dan “Guess The Country”. Ice Breaking ini dimainkan secara terpisah dari kelompok BSLC dan BIC dengan masing – masing aktivis berlomba untuk menebak segala macam pertanyaan yang dipimpin oleh PIC games.

Sesi selanjutnya yang dipimpin oleh MC yaitu adalah sesi presentasi dari masing – masing Organisasi. Dalam presentasi masing – masing Organisasi, para Ketua Umum menjelaskan apa saja yang ada di dalam organisasi mereka, baik itu dalam bidang kepengurusan, divisi – divisi di dalamnya, anggota, Visi dan Misi, dan lain sebagainya. Setelah Sesi presentasi selesai, MC memimpin acara kembali dengan mengadakan sesi Q&A dengan para Ketua Umum, di dalam sesi ini pihak aktivis baik itu BSLC maupun BIC, dapat bertanya kepada masing – masing Organisasi mengenai hal – hal di dalam organisasi mereka. 

Setelah sesi Q&A selesai, MC memimpin acara kembali dengan menempatkan divisi – divisi dalam BSLC dan BIC kedalam Breakout Room. Breakout room dijadikan 5 ruangan yang didalamnya terdapat masing – masing dari divisi yang bertujuan agar mereka dapat saling sharing satu dengan yang lain mengenai kelebihan dan kekurangan dari divisi mereka saat ini. Dalam sesi ini para aktivis dari BSLC dan BIC saling bertukar pikiran agar mereka dapat lebih memahami organisasi partner tersebut.

Selesai sesi sharing antar divisi organisasi, MC melanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada kedua organisasi, dan setelah itu, panitia Dokumentasi, memimpin acara untuk melakukan dokumentasi kepada semua aktivis dari kedua organisasi. Dan disusul dengan doa penutup yang dibawakan oleh PIC dan sekaligus menutup acara Benchmarking tahun ini. Dari pengalaman Benchmarking ini banyak sekali pembelajaran yang didapatkan, mulai dari pelajaran dari pengalaman organisasi partner, cara bertindak, berpendapat dan sebagainya. Selain itu, Benchmarking ini dapat memberikan kesempatan bagi semua peserta BSLC maupun BIC untuk saling berkenalan dan bertukar pikiran satu dengan yang lain, sehingga masing – masing dari organisasi dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk diperbaiki.