BSLC LDK AKTIVIS 2024 BATCH 2

Dokumentasi Bersama Akhir Kegiatan (Pengurus, Calon Aktivis) 

Pada hari Minggu, 17 Maret 2024 lalu, para pengurus BSLC mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) Batch 2 di Kampus BINUS Syahdan, Jakarta Barat. LDK-A merupakan program pelatihan dasar kepemimpinan untuk calon aktivis yang akan dilantik menjadi aktivis BSLC. Program ini bertujuan agar para calon aktivis dapat membangun sifat kepemimpinan yang baik serta karakter diri yang kuat. Pada LDK-A Batch 2 kali ini, mengusung tema “Strategic Leadership for the Future” dengan tagline Building the Character of Competitive Young Leaders”. 

Kata Sambutan Project Manager (Jesika Purnomo)

Kegiatan LDK-A kali ini dipandu oleh salah satu MC terbaik BSLC, yaitu Keilani Savitri dan Ellisher Vlavasya. Kegiatan diawali dengan doa pembuka, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum BSLC (Enrique Julian) dan Project Manager LDK-A Batch 2 (Jesika Purnomo). Selanjutnya, para MC menjelaskan rangkaian kegiatan dalam acara LDK-A Batch 2 ini kepada seluruh calon aktivis BSLC 2024/2025.

Pembekalan Materi 1 dari Dewan Penasihat (Yenatari Santoso)

Pada sesi pertama, Kak Yenatari Santoso selaku Dewan Penasihat BSLC 2024/2025 membawakan materi “Strategic Leadership in Practice: Insights from Real Organizational Challenges”. Kak Yenatari Santoso menjelaskan konsep, tantangan nyata, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam Strategic Leadership. Salah satu kutipan yang disampaikan Kak Yenatari Santoso adalah, “Seorang pemimpin strategis bukan hanya sekedar komandan, tetapi juga seorang inspirator, motivator, dan fasilitator yang mampu memberdayakan anggotanya untuk mencapai potensi terbaik mereka”.

Sesi Permainan 1: Spidol Hantu (Calon Aktivis)

Setelah sesi materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi permainan. Sebelum memulai permainan, calon aktivis dibagi ke dalam beberapa kelompok terdiri atas empat orang. Permainan pertama yang dimainkan adalah Spidol Hantu. Pada permainan ini, para calon aktivis diminta untuk memegang tali plastik yang sudah dikaitkan dengan spidol. Mereka semua diminta untuk menuliskan kalimat “Take a Chance with BSLC” dengan spidol tersebut secara bersamaan. Kelompok yang menyelesaikan kalimat tercepat dan dapat dibaca dengan jelas menjadi pemenang permainan.

Sesi Permainan 2: Tebak Nama Hewan (Cahyani Widiasih, Calon Aktivis)

Permainan kedua yang dimainkan adalah Tebak Nama Hewan. Pada permainan ini, calon aktivis diminta untuk menebak nama hewan berdasarkan petunjuk dan ciri-ciri hewan tersebut. Satu orang hanya diperbolehkan memberikan satu petunjuk dalam satu waktu. Apabila jawaban benar, maka kelompok tersebut akan mendapatkan satu poin. Kelompok dengan akumulasi poin terbanyak akan menjadi pemenang permainan.

Pembekalan Materi 2 dari Ketua Umum (Enrique Julian)

Sesi kedua dilanjutkan dengan Enrique Julian dengan membawakan materi “Personal Development & Community Management with BSLC”. Beberapa topik pembahasan yang dijelaskan mencakup Introduction to BSLC, Organization Structure and Roles, dan Good Organization Governance. Setelah mendengar kedua sesi materi,  para aktivis terlibat aktif bertanya dalam sesi tanya jawab dan tampak antusias dengan segera aktif bekerja sebagai aktivis BSLC 2024/2025.

Pengerjaan Studi Kasus (Calon Aktivis)

Untuk menguji pemahaman, kreativitas, dan kerja sama para calon aktivis, mereka diminta untuk mengerjakan Studi Kasus yang berhubungan dengan permasalahan yang dapat dihadapi para calon aktivis sehari-hari dalam berorganisasi. Setelahnya, mereka diminta untuk menjelaskan hasil diskusi dan mendapatkan umpan balik dari para pengurus. Berdasarkan hasil diskusi yang diberikan, kami sangat yakin bahwa para calon aktivis yang dipilih dapat memberikan kontribusi yang nyata dan membawa kemajuan dalam BSLC 2024/2025.

Pengumuman Pemenang (Keilani Savitri, Calon Aktivis, Steven Tanjung)

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang, dokumentasi bersama, dan penutup. Dengan berakhirnya kegiatan, maka secara resmi para calon aktivis telah disahkan menjadi aktivis BSLC 2024/2025. Dengan demikian, kegiatan LDK-A 2024 Batch 2 telah terlaksana dengan sangat baik hingga akhir. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini. Tidak lupa, kami juga ingin berterima kasih kepada seluruh calon aktivis yang sudah hadir memeriahkan kegiatan LDK-A Batch 2.

BSLC, Learning is Fun!

Kenji Ariya Kennard