Webinar BSLC Festival – Bercerita Dengan Tulisan

BSLC Festival merupakan acara yang diadakan oleh BSLC untuk memperingati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia. Dan tahun ini merupakan tahun perdana BSLC Festival diadakan. Dengan mengangkat tema “Let Your Work be a Window for The World”, acara ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar dapat lebih termotivasi untuk membuat banyak karya-karya baru, menarik, dan berkelas yang kemudian dapat dicetak menjadi suatu buku dan menjadi media untuk membuka jendela dunia. Terdapat dua rangkaian acara dalam festival ini yaitu kompetisi dan knowledge festival berupa webinar. 

Webinar yang diadakan mengangkat judul “Bercerita dengan Tulisan”, dimana dalam webinar ini dipaparkan materi mengenai tips dan tricks kepenulisan. Pada tanggal 27 Juni 2021, acara diselenggarakan dari pukul 11.00 hingga pukul 12.30. Pembicara pada webinar kali ini adalah Valerie Patkar yang merupakan seorang penulis novel. Beberapa tips kepenulisan yang diberikan diantaranya adalah rumus berkarya, rumus menulis naskah, bagaimana menghidupkan cerita, cara mendalami karakter, formula untuk memahami pembaca, dan sebagainya. Pemaparan materi dari pembicara ini tentunya sangat berguna bagi para peserta webinar untuk memulai serta memoles karya yang akan mereka buat nantinya.

Acara diawali dengan perkenalan profil dari pembicara yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi, lalu setelah pemaparan materi ada sesi tanya jawab. Selanjutnya adalah sesi games berhadiah dan dilanjutkan pada penutupan.