LECTION 2.0 “Upaya Penghapusan Stigma Negatif terhadap Individu yang Terdampak COVID-19”

LECTION 2.0

Upaya Penghapusan Stigma Negatif terhadap Individu yang Terdampak COVID-19

Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh kejutan bagi kita semua dimana pada tahun ini wabah COVID-19 mulai bermunculan. Di tengah fenomena ini, muncul pula suatu fenomena sosial yang mampu memperkeruh situasi. Yakni stigma sosial atau asosiasi negatif di masyarakat terhadap individu yang mengalami atau terpapar wabah COVID-19. Berprasangka buruk pada penderita, perawat, keluarga, ataupun mereka yang tidak sakit tapi memiliki gejala yang mirip dengan COVID-19, jika terus terpelihara di masyarakat maka akan dapat membuat orang-orang menyembunyikan sakitnya supaya tidak didiskriminasi, mencegah mereka mencari bantuan kesehatan dengan segera, dan membuat mereka tidak menjalankan perilaku hidup yang sehat.

Stigma negatif yang muncul dimasa pandemic COVID-19 ini terjadi pada pasien, ODP, PDP serta petugas kesehatan yang menangani pasien COVID-19. Stigma negatif yang diberikan oleh masyarakat hanya akan memperparah keadaan baik secara mental maupun pada penyebaran penyakit itu sendiri. Stigma negatif tersebut sangat berdampak terhadap imunitas seseorang yang terdampak COVID-19 dan akan berpengaruh dalam proses penyembuhan pasien COVID-19. Menanggapi isu – isu tersebut, kami menyelenggarakan kegiatan LECTION 2.0 ini sebagai bentuk kontribusi kami untuk mengedukasi masyarakat sebagai upaya meminimalisir stigma negatif tersebut serta bentuk apresiasi kami untuk menyuarakan gebrakan melawan wabah COVID-19. Tema yang kami angkat dalam kegiatan ini adalah “Upaya Penghapusan Stigma Negatif terhadap Individu yang Terdampak COVID-19.” Melalui tema ini kami harapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi pelaksana dan pembaca agar tercipta suasana yang lebih harmonis dan kondusif.

            Untuk lection kali ini, panitia memutuskan untuk menundang teman – teman  binusian dan non-binusian untuk membuat karya tulis berupa artikel dan juga poster. Kegiatan Lection 2.0 dilaksanakan secara resmi pada Senin, 25 Januari 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh 27 peserta yang merupakan mahasiswa aktif yang berada di beberapa kampus negeri dan swasta di Indonesia.

Kegiatan ini dimenangkan oleh lima orang pemenang yang terdiri dari tiga pemenang karya tulis artikel dan dua pemenang karya tulis poster. Dan berikut adalah nama nama pemenang Lection 2.0:

ARTIKEL

JUARA I                                 : Shofiyah Adila Farhana

JUARA II                                : Gina Purwaningtias

JUARA III                               : Ulil Albab Alshidqi

 

POSTER

JUARA TERBAIK                 : Luh Made Renata

JUARA TERKREATIF          : Oryza Salshabila