LDK TVXQ BSLC 2022

Pelaksanaan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Aktivis BSLC Periode 2022

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (Training Vacation X-Over Quality) atau disingkat TVXQ adalah acara yang diselenggarakan setiap tahun sebagai pelatihan awal dan pelantikan bagi aktivis BSLC. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk melatih aktivis baru yang akan bergabung untuk mendapatkan ilmu mengenai keorganisasian dan sebagai wadah untuk saling mengenal antar calon aktivis. Inti acara dari LDK A TVXQ yang dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2022 ini berisi tentang pengenalan visi, misi, program kerja, divisi, dan sub-divisi BSLC. Selain itu, para pembicara dalam kegiatan LDK A TVXQ menjelaskan materi Time Management, Teamwork, dan Kesekretariatan.

Acara dimulai pada pagi hari melalui Zoom Meeting dengan sambutan dari kedua MC favorit kita, yaitu Steven Christian dan Muhammad Rikhza Maulana sebagai MC acara yang sangat lihai dalam berbicara dan menguasai seluruh materi dengan menyambut peserta acara dengan sangat baik dan ramah. Setelah itu, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum BSLC periode 2022 yaitu, Brainly Sungkharisma yang meresmikan acara juga berterima kasih kepada peserta acara atas kehadirannya dan mengajak calon aktivis untuk aktif dan dapat mengikuti acara dengan baik dari awal hingga akhir. Kata sambutan dilanjutkan dengan ketua pelaksana acara yaitu, Denny Nugroho yang memberikan apresiasi terhadap kehadiran dari seluruh calon aktivis yang hadir.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penjelasan terkait visi misi, program kerja BSLC, dan divisi-subdivisi yang ada di BSLC oleh Brainly Sungkharisma yang kemudian dilanjutkan oleh Kak Lukas Purbadi Murdiyarso selaku Mentoring Section Head di Binus University yang membawakan materi bertema “How to Build Top Time Management Skill”. Dengan menerangkan berbagai isi materi mengenai cara untuk mengelola waktu pada keorganisasiaan, juga memberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan kondusif terhadap para peserta yang hadir.

Setelah mendapatkan berbagai penjelasan materi yang ada, lalu masuklah kepada sesi games yang dipimpin oleh Timoteus William. Games yang dibawakan sendiri yaitu games yang biasa dimainkan oleh para peserta acara online yaitu Kahoot. Isi dari quiz Kahoot pada sesi game ini sendiri mengenai tebak-tebakan umum dan tentunya berhadiah e-money sehingga para peserta dijamin bersemangat dan memutar otaknya untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dengan benar. Setelah menemukan ketiga pemenang Kahoot, para peserta kembali disuguhkan dengan materi yang dibawakan oleh Kak Muthia Nabila selaku mantan Ketua BSLC yang bertemakan “Together to be Stronger”. Dengan berbagai penjelasan mengenai keorganisasian serta sesi tanya jawab antar calon aktivis, isi materi ini diharapkan dapat memberikan gambaran juga pembaruan terhadap calon aktivis yang hadir.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi game kedua yaitu Tebak Lirik yang dibawakan oleh Ghita Ihwanul Shalihah yang diharapkan dapat membangun jiwa semangat dari para peserta untuk dapat lanjut ke sesi berikutnya. Game Tebak Lirik ini pun juga berhadiah sehingga selesai acara, para pemenang dapat membeli minuman atau makanan yang mereka suka untuk menemani istirahat mereka. Setelah sesi game kedua selesai, acara dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu materi “Kesekretariatan” yang dibawakan oleh Maria Yosepha Fioneta selaku Bendahara Umum BSLC. Materi Kesekretariatan memberikan bekal terkait kesekretariatan Organisasi Kemahasiswaan khusunya BSLC karena nantinya beberapa dari mereka tentunya akan menjadi sekretaris dan bendahara acara-acara BSLC. Maka dari itu, para peserta juga diberikan study case untuk melatih dan menilai sudah sejauh apa pemahaman mereka terkait kesekretariatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi sharing antar alumni (Muthia Nabilla) dan calon aktivis, Para alumni membagikan cerita terkait masa kepengurusannya di BSLC yang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kepengurusan yang akan datang. Setelah itu, acara ditutup dengan dokumentasi dan doa bersama antar panitia dan seluruh peserta acara yang hadir. Acara ini dianggap sebagai tanda pelantikan resmi sebagai aktivis BSLC.