Pentingnya Vitamin D Bagi Tubuh

Source: Gambar 1. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang dapat larut di dalam lemak. Vitamin ini sangatlah berguna bagi kesehatan tulang dan dapat mengatur kadar kalsium dalam tubuh, serta mencegah penyakit serius. Vitamin D juga dapat tersimpan di dalam tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Vitamin D memiliki beberapa macam, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 yang disebut ergocalciferol diperoleh dari tumbuhan seperti jamur dan vitamin D3 disebut dengan cholecalciferol yang dapat diperoleh dari ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari. Vitamin D juga dapat diperoleh atau terbentuk secara alami melalui paparan sinar matahari (sinar UV). Walaupun sering disebut vitamin, namun vitamin D lebih cenderung dianggap sebagai prohormon yang dimana pada umumnya vitamin adalah sebuah nutrisi yang harus diperoleh melalui suplemen atau makanan karena tidak dapat terbentuk sendiri di dalam tubuh. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh manusia karena memiliki banyak manfaatnya. Berikut ialah beberapa manfaat vitamin D bagi tubuh:

1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Vitamin D sangat berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi karena penyerapan kalsium ke dalam tubuh terutama tulang dan gigi, serta dapat mencegah osteoporosis atau kerapuhan terhadap orang yang lanjut usia. Hal ini juga berlaku terhadap ibu yang sedang menyusui karena vitamin D sangat berperan penting bagi sang ibu sendiri, serta bayinya dalam perkembangan tulang yang sehat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin D juga berperan untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh dengan cara menunjang kerja sel darah putih dalam melawan patogen yang bersifat sebagai antiradang dan antioksidan mampu meningkatkan kerja sistem imun, saraf, dan otot.

3. Menjaga Fungsi Paru dan Jantung

Paru-paru dan jantung merupakan organ vital dalam tubuh, sehingga tak jarang banyak penyakit yang dapat menurunkan kinerja dari paru-paru dan jantung. Vitamin D dinilai dapat memulihkan peradangan dengan cepat, mencegah kerusakan pada paru-paru, dan meningkatkan respon kekebalan sistem pernapasan. Peran vitamin D pada jantung. yaitu menghasilkan penurunan risiko untuk penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

4. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menyatakan bahwa Vitamin D dapat mengurangi risiko terkena kanker. Kandungan vitamin D yang bersifat karsinogenik dapat memperlambat perkembangan sel kanker, merangsang sel kanker, hingga mencegah tumor.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat lain dari vitamin D adalah dapat mengurangi risiko diabetes karena vitamin D dapat membantu memproduksi hormon insulin dalam tubuh. Dimana insulin tersebut berperan dalam mengatur kadar gula darah yang dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit diabetes.

6. Mengatasi Depresi

Vitamin D memiliki peran dalam fungsi dan perkembangan otak, sehingga dengan tingginya kadar vitamin D dalam tubuh dapat memberikan manfaat, yaitu mengurangi risiko seseorang depresi. Hal ini dikarenakan apabila kadar vitamin D dalam tubuh rendah, maka risiko terkena depresi akan meningkat, hingga menimbulkan gangguan saraf serta otak. Oleh karena itu, vitamin D sangatlah penting untuk dikonsumsi sebagai nutrisi untuk mencegah terjadinya depresi.

Untuk memperoleh manfaat dari vitamin D tersebut, hal yang dapat kita lakukan, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 sampai 20 menit, setidaknya tiga kali dalam seminggu. Selain berjemur, kita juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D atau melalui makanan yang memiliki kandungan vitamin D seperti ikan salmon, minyak ikan, kuning telur ayam, daging merah, keju, susu, jamur, dan buah jeruk.

Selain itu, adapun akibat dari kekurangan vitamin D yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh, terutama tulang, yaitu seseorang akan mudah terserang penyakit seperti terinfeksi virus, mudah lelah, nyeri pada tulang dan otot, osteoporosis, mengalami kerontokan rambut, kerusakan pada gigi,  lambatnya penyembuhan luka, rakitis pada anak-anak, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D, maka sangatlah penting bagi kita untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup karena vitamin D berguna untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kandungan nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan tulang, otot, serta mencegah risiko penyakit lainnya.

References:

 

 

Lee Woo Jung, Jessica Meidi, Marvin Fictory, Sadira Atha Nasywa Buana