Climate Change

Saat ini peradaban manusia sudah mencapai sekitar enam juta tahun di Bumi dan usia Bumi sudah mencapai sekitar 4,54 miliar tahun, banyak masalah yang akan dihadapi manusia untuk tetap tinggal dan bertahan di Bumi.

Climate change atau yang biasa kita sebut sebagai perubahan iklim merupakan salah satu masalah yang cukup besar di kehidupan yang sudah sangat modern ini. Zaman dimana orang-orang seharusnya sudah sadar dan waspada terhadap bencana-bencana besar yang akan di alami Bumi.

Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam pola cuaca di suatu wilayah. Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Kerangka Kerja Perubahan Iklim (UNFCCC) mendefinisikan Perubahan iklim

“sebagai perubahan iklim yang disebabkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia sehingga mengubah kompoisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim alami pada perioda waktu yang dapat diperbandingkan.”

Salah satu penyebab perubahan iklim adalah gas efek rumah kaca yang sebagian besar adalah Karbon Dioksida (CO2). Karbon dioksida ini banyak sekali kita temukan di dalam bahan bakar kendaraan. Pembakaran bahan bakar fosil yang terjadi menyebabkan pencampuran reaksi oksigen dan karbon yang jika digabungkan menjadi karbon dioksida.

Indonesia sebagai negara yang cukup banyak menyumbangkan gas rumah kaca, jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan beberapa hal terjadi seperti peningkatan temperatur suhu, perubahan pola cuaca yang tidak jelas, dan angin musim yang akan datang terlambat.

Adinda Nur Syakirah